Viral, Maha Benar Netizen, Lukis Anggota BTS dari Limbah Plastik, Pelukis Dituduh Menghina dan Harus Klarifikasi

Minggu, 12 September 2021 04:12 WIB

Share
Pelukis Edyanta Ginting harus melakukan klarifikasi akibat tuduhan telah menghina BTS melalui karya daur ulangnya. (Foto/[email protected])

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nama Edyanta Ginting mendadak viral di kalangan warganet Twitter dan TikTok.

Ia menjadi bahan pembicaraan warganet setelah memperlihatkan karya lukisannya yang terbuat dari media daur ulang.

Malangnya, ia sempat dikira menghina member BTS yaitu Kim Seok Jin dan Suga akibat video proses pembuatan lukisan yang diunggah melalui akun TikTok-na @edy_art_studio.

Hal ini sempat memicu komentar panas dari berbagai pihak.

Perbincangan ini pun sampai ke telinga warganet Twitter setelah sebuah akun menuliskan kisah laki-laki yang memiliki nama panggilan Edy.

“Di tiktok ada pelukis lokal dengan media daur ulang sampah. Dia udah ngelukis berbagai macam orang, artis,  politikus selama 6 tahun. Saat ini dia baru selesai ngerjain commision bikin lukisan dua member BTS dari ARMY Jakarta,” ujar akun @shandya pada 9 September 2021 yang dikutip oleh poskota.

Ia lalu menyebutkan bahwa banyak orang yang menuduh Edy menghina personil Kim Seok Jin dan Suga BTS hingga Edy mengeluarkan video klarifikasi permintaan maafnya.

“Sayangnya video2 proses dia ngelukis (dari ngumpulin sampah sampai jadi) dimanfaatkan segelintir orang. Bikin narasi seolah-olah bapak ini sedang “menyindir dengan karya” (padahal mah engga). Sampe kolom komentarnya ribut & bapaknya ngeluarin video minta maaf,” tulis @shandya dalam utasnya sebagai klarifikasi tujuan Edy membuat karya.

Meskipun banyak orang yang salah sangka dan melontarkan komentar negatif dalam akun TikTok Edy, namun banyak juga yang memberi semangat dan respon positif terhadap karya yang dihasilkan oleh sang seniman.

Akun @shandya juga melanjutkan tulisan dalam utasnya yang mengapresiasi hal tersebut, “Padahal minta maaf ke siapa? ARMY? Yang ribut-ribut justru bukan mereka. Walau mungkin ada aja ARMY yg ke-trigger, mungkin blm paham situasi dan kondisinya gimana. Tapi sepanjang tangan nge-scroll, kebanyakan justru appreciate sama hasil karya bapak.”

Pada tanggal 9 September 2021, Edy akhirnya angkat suara dan memilih untuk membuat video klarifikasi mengenai tuduhan yang diberikan kepadanya.

“Halo ARMY BTS di seluruh Indonesia, saya melukis Kim Seok Jin dan Suga BTS adalah pesanan oleh dua orang ARMY Jakarta. Mereka beli dan bayar. Sebagai pelukis saya harus profesional menerima pesanan lukisan mereka. Saya adalah pelukis dari limbah plastik sejak 6 tahun yang lalu. Di sini saya sama sekali tidak ada niatan menghina BTS dan ARMY melalui karya saya,” tutur Edy melalui video klarifikasi TikTok-nya.   

Dalam video tersebut ia juga mengungkapkan bahwa tidak hanya melukis personil BTS, ia juga melukis wajah-wajah lainnya seperti artis-artis asal Indonesia dan juga pejabat-pejabat Indonesia. (nelsya namira putri)


 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler