ADVERTISEMENT

Komunitas PIBA Kunjungi Taman Makam Pahlawan di Sela Gowes Bersama, Begini Potret Keseruannya

Minggu, 12 September 2021 18:44 WIB

Share
Menghormati jasa pahlawan, anggota PIBA anjangsana ke TMP Taruna di Kota Tangerang. (istimewa)
Menghormati jasa pahlawan, anggota PIBA anjangsana ke TMP Taruna di Kota Tangerang. (istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Indonesia baru saja melaksanakan HUT ke 76 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021 lalu. Seluruh warga pun ikut memeriahkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang bersejarah ini. Tidak terkecuali dengan komunitas Poris Indah Bike Anventure (PIBA) yang kebetulan berdiri pada 17 Agustus 2019.

Pada 17 Agustus 2021 lalu, anggota PIBA pun melaksanakan gowes dengan mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna yang terletak tidak jauh dari pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Mereka mengheningkan cipta sekaligus berdoa untuk pejuang kemerdekaan.

Di tempat inilah terdapat makam perwira yang menjadi nama jalan terkenal di Tangerang, yakni Daan Mogot. Perwira ini merupakan salah satu pendiri Akademi Militer Tangerang yang gugur di usia muda.

Nama TMP Taruna karena sebagian besar di taman makam ini berisi para taruna dari Akademi Militer yang gugur dalam pertempuran di Desa Lengkong, Serpong, Kota Tangerang Selatan pada 25 Januari 1946, saat melawan tentara Jepang. Dari 70 Taruna, 33 taruna dan 3 perwira gugur, di antaranya Daan Mogot, Letnan Soebianto dan Letnan Soetopo.

“Kami teringat perjuangan para tentara tersebut dalam membela kehormatan bangsa dan negara Indonesia. Semoga cita-cita pejuang ini dapat diteruskan generasi penerus bangsa. Indonesia makin maju dan bisa menjadi negara besar sesuai amanat para pahlawan kemerdekaan,” kata anggota PIBA, Kuspriyanto.

Menurut Kuspriyanto, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati para pahlawan dan menjadikannya sebagai hujjah untuk beramal kebajikan. karena itu pula, PIBA pun mengagendakan anjangsana ke TMP Taruna ini untuk mengingat jasa para pahlawan tersebut. (tiyo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT