ADVERTISEMENT

 PT KAI Berlakukan Aplikasi Peduli Lindungi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Senin, 30 Agustus 2021 08:07 WIB

Share
Pelayanan Tiket di Stasiun Gambir para pengguna Transportasi KA sudah mulai terintegrasi aplikasi Peduli Lindungi (Humas PT KAI)
Pelayanan Tiket di Stasiun Gambir para pengguna Transportasi KA sudah mulai terintegrasi aplikasi Peduli Lindungi (Humas PT KAI)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA. CO. ID - Mengikuti anjuran pemerintah, PT KAI Persero sudah melakukan integrasi aplikasi Peduli Lindungi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, aplikasi Peduli Lindungi telah diterapkan sejak penetapan PPKM darurat di Jawa dan Bali pada 3 Juli 2021 silam.

Menurutnya, para penumpang sudah bisa menggunakan aplikasi Peduli Lindungi terintegrasi pada sistem boarding Tiket KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Bagi setiap penumpang wajib menunjukan bukti telah melakukan vaksin, minimal vaksin dosis pertama," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/8/2021).

Eva menambahkan, ini bagian dari peningkatan pelayanan kepada pelanggan KA, secara khusus.

Untuk mengetahui apakah calon penumpang layak bepergian atau tidak layak bepergian dengan melengkapi syarat sudah melakukan vaksin, maka PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengintegrasikan sistem boarding ticketing dengan aplikasi Peduli Lindungi mulai 23 Juli 2021.

"DI Area Daop 1 Jakarta pengguna yang akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada saat melakukan boardiang data sudah akan terlihat apakah sudah divaksin atau belum, melakui aplikasi Peduli Lindungi yang telah terintegrasi," katanya.

Peduli Lindungi merupakan aplikasi milik Kementerian Kesehatan RI yang berguna tidak hanya untuk menelusuri kontak tracking & tracing demi memperkuat upaya penurunan penyebaran COVID-19, namun juga terintegrasi dengan data hasil tes pemeriksaan COVID-19 dan data vaksinasi nasional.

Eva menyebutkan dengan pengembangan inovasi pada sistem boarding ticketing ini, nantinya pada saat calon penumpang melakukan proses boarding, pada layar PC boarding akan terlihat:

- Data vaksinasi calon penumpang yang bersangkutan.

- Hasil dan masa berlaku RT-PCR atau Antigen dengan hasil negatif/positif

Pada saat melakukan boarding, calon penumpang tetap wajib menunjukkan boarding pass atau e-boarding pass, kartu identitas calon penumpang, dan surat keterangan lainnya yang di persyaratkan yang tidak terdapat pada PC boarding (misal, bagi pelanggan yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter spesialis).

"Sebagai informasi, data integrasi tersebut akan muncul jika saat pembelian tiket pelanggan menggunakan NIK atau reduksi membership sesuai dengan NIK saat melakukan pemeriksaan di klinik atau laboratorium yang sudah terintegrasi sistem Kementerian Kesehatan RI Peduli Lindungi," ungkapnya.

Namun jika nanti ditemukan calon penumpang yang belum terintegrasi datanya di PC boarding,  lanjut Eva, maka pemeriksaan persyaratan protokol kesehatan tetap menggunakan manual dan tetap wajib menunjukkan boarding pass atau e-boarding pass, identitas calon penumpang.

Adapun persyaratan protokol kesehatan yang saat ini ditetapkan untuk dapat menggunakan KA Jarak Jauh diantaranya :

1. Berusia minimal 12 tahun
2. Berkas pemeriksaan RT-PCR masa berlaku 2x24 jam atau Antigen masa berlaku 1x24 jam dengan hasil negatif
3. Sudah Di Vaksin minimal dosis 1
 
Perjalanan dengan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa yang mewajibkan penumpang memiliki bukti telah melakukan vaksin pertama dalam bentuk Kartu Vaksinasi, e-sertifikat maupun bukti vaksin elektronik lainnya tertuang Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI No 42 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021.

"Untuk mendukung upaya pemerintah pada pencegahan penyebaran Covid 19 di sektor transportasi serta memastikan keamanan dan kesehatan para calon pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta membuka layanan vaksinasi bagi penumpang KA di Stasiun Gambir dan Pasarsenen, mulai 3 Juli 2021 lalu.

Layanan vaksinasi di dua stasiun keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) tersebut tercatat telah melayani sekitar 65 s.d 100 peserta vaksin per hari untuk layanan Vaksin di Stasiun Gambir dan Pasar Senen," tutupnya. (angga) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT