ADVERTISEMENT

Tak Disangka! Foto Ayah Habib Rizieq Bareng Soekarno dan Jenderal Sudirman saat Zaman Belanda Tersebar? Ini Faktanya

Minggu, 29 Agustus 2021 19:00 WIB

Share
Cek fakta, ayah Habib Rizieq foto bersama Soekarno (Facebook/Masyarakat Anti Fitnah Indonesia)
Cek fakta, ayah Habib Rizieq foto bersama Soekarno (Facebook/Masyarakat Anti Fitnah Indonesia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Beredar unggahan foto yang menunjukkan Presiden Soekarno, Jendral Soedirman, dan seorang pria yang diklaim sebagai ayahanda Rizieq Shihab.

Postingan itu diunggah pertama kali oleh akun bernama Bung Jac, lengkap dengan narasi yang membuat publik terkejut.

“Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?!.. Beliau adalah Ayahandanya Habib Rizeiq Shihab berita ini sengaja di tutupi sejarah oleh compeni pemerintah penjajah saat itu yakni Belanda karena khawatir umat islam bersatu” tulis narasi dalam unggahan foto.

Lantas benarkah jika orang yang ada disebelah Presiden Soekarno dan Jendral Soedirman adalah  ayahanda Rizieq Shihab?

Dikutip dari Turnbackhoax.id, pria yang berdiri di antara tokoh besar Indonesia tersebut bukanlah ayah dari Habib Rizieq Shihab.

Pria tersebut adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service dan duta besar India untuk Indonesia. Selain Indonesia, Mohammad Yunus juga pernah menjabat sebagai duta besar India untuk Turki, Indonesia, Irak, dan Spanyol.

Adapun konteks dalam foto, saat itu mereka bertiga sedang mengunjungi Magelang pada 27 Agustus 1948.

Foto pria yang di tengah identik dengan seorang bernama Mohammad Yunus Khan. Ia beberapa kali mengunjungi Indonesia untuk tugas diplomatik, yakni berkunjung ke Jombang, Jawa Timur pada 1947, serta kunjungan bersama Presiden Soekarno ke Wonosobo, Jawa Tengah pada 3 Maret 1948.

Sementara itu, ayah Habib Rizieq Shihab bernama Habib Hussein bin Muhammad Shihab atau Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab, adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937.

Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT