Mengejutkan! Pesawat Batik Air Mendarat Darurat di Sumatra Utara, Diduga Ada Kerusakan

Minggu, 29 Agustus 2021 16:37 WIB

Share
Ilustrasi: Batik Air tabrak Garbarata (dok. Batik Air)
Ilustrasi: Batik Air tabrak Garbarata (dok. Batik Air)

SUMUT, POSKOTA.CO.ID - Pesawat Batik Air dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar menuju ke Jakarta, tiba-tiba mendarat darurat.

Pesawat itu mendarat darurat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Minggu (29/8/2021).

Untuk diketahui, pesawat Batik Air mendarat di Bandara Kualanamu pada pukul 11.45 WIB. Pesawat tersebut baru terbang sekira 50 menit sejak lepas landas dari Aceh pada pukul 10.55 WIB.

Namun hingga kini belum diketahui pasti apa penyebab dari Batik Air tersebut mendarat darurat.

Terkait hal itu, Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro memastikan jika penyebab Batik Air mendarat darurat karena untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan ID-6897.

"Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan ID-6897, pilot memutuskan untuk untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO), dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen pada salah satu mesin pesawat perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan," ujar Danang.

"Batik Air senantiasa patuh menjalankan operasional dan layanan penerbangan berdasarkan ketentuan atau peraturan yang berlaku dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang memenuhi aspek keselamatan keamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan," usambungnya.

Danang juga menyebutkan jika Batik Air telah menjalankan pengecekan pesawat dengan baik sesuai prosedur.

"Sesuai SOP, Batik Air telah menjalankan pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre flight check) oleh awak kokpit (pilot) dan teknisi, " ujarnya.

Pesawat udara sudah mendarat normal di Bandar Udara Internasional Kualanamu pukul 11.49 WIB. Setelah pesawat parkir pada tempatnya, seluruh tamu diarahkan menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar