ADVERTISEMENT

Wapres Menegaskan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bertujuan Untuk Mengurangi Penularan Covid-19

Sabtu, 28 Agustus 2021 23:59 WIB

Share
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat memimpin rapat penanggulangan kemiskinan. (Setwapres)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat memimpin rapat penanggulangan kemiskinan. (Setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menegaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan Covid-19.

"Selain itu, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19,"
terang Wapres dalam sambutannya secara virtual pada acara Hari Lahir ke-8 Universitas Nahdlatul Ulama  Surabaya (UNUSA), Sabtu (28/8/2021).

Wapres menandaskan menjadi prioritas dalam penanganan pandemi Covid-19  selain penguatan 3T (testing, tracing dan treatment), dan Juga mendorong disiplin protokol kesehatan 5M.

"Selain itu  , juga diperlukan percepatan dan perluasan pelaksanaan vaksinasi Covid-19," terang Wapres yang menyampaikan pidato dari kediaman resminya di Jakarta.

Wapres menjelaskan vaksinasi juga ditargetkan untuk dapat mewujudkan kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity), dan sekaligus melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

"Dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19, Pemerintah telah dan terus melakukan kerjasama dengan berbagai negara produsen vaksin untuk memenuhi ketersediaan vaksin," terang KH Ma'ruf Amin.

Wapres juga mengungkapkan bahwa Selain Pemerintah juga terus mendorong pengembangan vaksin nasional agar tidak hanya mengandalkan vaksin impor.

"Saat ini sudah terdapat vaksin nusantara dan vaksin merah putih karya anak bangsa yang sedang dikembangkan. Pemerintah mentargetkan di masa mendatang, kita mampu memproduksi vaksin Covid-19 maupun obat-obatan lainnya untuk kemandirian bangsa di bidang kesehatan masyarakat, " terang Wapres.

Wapres juga mendorong UNUSA sebagai perguruan tinggi yang merupakan lembaga riset dan inovasi untuk dapat terus berinovasi dan melakukan penelitian di bidang kesehatan, yang dilaksanakan melalui pola kemitraan dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri yang difasilitasi Pemerintah.

"Ini untuk dapat membangun komitmen menuju kemandirian riset dan produksi vaksin dalam negeri untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di tanah air," tandas Wapres.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT