ADVERTISEMENT

Tolong Segera Jauhi Obat Ivermectin, Ternyata Tak Ampuh Sembuhkan Covid-19, Justru Efek Sampingnya Bisa Bikin Orang Keracunan

Sabtu, 28 Agustus 2021 17:14 WIB

Share
Efek Samping Obat Ivermectin (Foto: Soumyabrata Roy/NurPhoto via Getty Images)
Efek Samping Obat Ivermectin (Foto: Soumyabrata Roy/NurPhoto via Getty Images)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Departemen Layanan Kesehatan Negara Bagian Texas (DSHS), bersama dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), memperingatkan orang-orang segera berhenti menggunakan Ivermectin untuk mencegah atau mengobati virus corona.

Peringatan kesehatan yang dikeluarkan oleh Texas DSHS pada hari Kamis mengatakan bahwa Jaringan Pusat Racun Texas mengalami peningkatan 150 persen dalam panggilan tentang paparan ivermectin dari Juli hingga Agustus.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19, orang-orang di seluruh negeri mencari obat lain yang mereka dengar bekerja melawan Covid-19. Ada juga orang yang menentang mendapatkan vaksinasi mencari alternatif.

Menurut CDC dan Texas DSHS, obat Ivermectin yang belum jelas mengetahui apakah itu jenis untuk manusia atau hewan, tidak akan menghentikan atau mengobati Covid-19:

Ivermectin adalah obat antiparasit yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS untuk pengobatan topikal kutu rambut dan beberapa kondisi kulit seperti rosacea.

Obat ini juga disetujui untuk menyembuhkan cacing parasit (strongyloidiasis usus, onchocerciasis dan helminthiases) dan kudis. Beberapa bentuk dapat digunakan untuk mengobati parasit pada hewan tetapi berbeda dari bentuk untuk manusia dan hanya boleh digunakan pada hewan.

Ivermectin bukanlah obat antivirus yang dapat mengobati penyakit virus seperti Covid-19. FDA belum menyetujui ivermectin untuk mengobati atau mencegah Covid-19. Dosis besar ivermectin dapat menyebabkan kerusakan serius.

Kedua lembaga tersebut menekankan bahwa mengonsumsi segala jenis obat untuk hewan sangat berbahaya, karena Ivermectin untuk hewan dapat "sangat beracun" bagi manusia. Ada laporan tentang Ivermectin yang terjual habis di toko hewan dan pakan di kota-kota di seluruh negeri.

Texas DSHS memiliki rekomendasi bahw apublik tetap bisa mengonsumsi obat Ivermectin tetapi dengan beberapa syarat, diantaranya seperti:

1.) Orang harus mengonsumsi ivermectin hanya jika diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan mereka dan meminumnya persis seperti yang ditentukan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT