ADVERTISEMENT

Liga 1 Indonesia Akhirnya Bergulir

Kamis, 26 Agustus 2021 06:00 WIB

Share
Logo BRI Liga 1. (liga indonesia baru)
Logo BRI Liga 1. (liga indonesia baru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh Ilham Tanjung, Wartawan Poskota

KOMPETISI sepak bola tertinggi di Indonesia, Liga 1 dan Liga 2 akan segera bergulir di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. 

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator optimis laga perdana Bali United versus Persik Kediri akan berjalan lancar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Sebelumnya, kompetisi sepak bola kebanggaan tanah air ini terpaksa diundur sepekan dari jadwal semula sebagai langkah antisipasi terhadap perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah di Indonesia.

Sehingga sempat muncul keraguan dari para pelatih dan pemain terhadap kelanjutan Liga I akibat dari penundaan yang terjadi berulang kali. Apalagi keputusan penundaan itu, kerap terjadi ketika mendekati hari H penyelenggaraan digelar.

Akibatnya banyak klub yang sudah mempersiapkan diri merasa kecewa begitu Polri dan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menyatakan turnamen di mundurkan meski surat izin telah keluar. 

Kini keraguan itu sirna, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali memberikan kepastian kick off Liga I bergulir tanpa penonton dengan protokol kesehatan (prokes) ketat, pada Jumat, 27 Agustus 2021. 

Pemberian izin ini, kata Kapolri, berdasarkan hasil asesmen terkait dengan laju pertumbuhan Covid-19, kemudian asesmen terhadap situasi BOR (Bed Occupancy Rate), dan juga penurunan virus corona di beberapa wilayah.

Dalam pelaksanaannya pemain dan official yang akan melaksanakan pertandingan harus sudah dua kali vaksin dan jumlah official dibatasi.

Lalu satu hari sebelum pertandingan wajib dilakukan pemeriksaan PCR untuk memastikan pemain dan official dalam kondisi negatif Covid.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT