Pengamat: Sekda Banten Almuktabar Mundur Diduga Karena Hendak Diberhentikan

Rabu, 25 Agustus 2021 17:05 WIB

Share
Sekda Banten Al Muktabar (kanan) seusai menghadiri Rakor bersama komisi V DPRD Banten (foto Luthfi)
Sekda Banten Al Muktabar (kanan) seusai menghadiri Rakor bersama komisi V DPRD Banten (foto Luthfi)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Polemik penyebab mundurnya Sekda Banten Almuktabar sampai saat ini masih menggelinding, keputusan mundur itu masih misteri. 

Almuktabar sendiri lebih memilih bungkam ketika beberapa kali dihubungi wartawan, bahkan beliau sampai mematikan handphone-nya.

Pengamat politik Untirta Serang Ihsan Ahmad menilai, pengunduran diri Sekda Banten Almuktabar itu salah satunya disebabkan oleh konflik kepentingan menjelang habisnya jabatan Gubernur Banten yang sekarang. 

"Awal tahun 2022 itu kan Wahidin Halim habis masa jabatannya. Untuk mengisi kekosongan sampai Pilkada 2024, pastinya akan diisi oleh Plt. Dan Pak Sekda sebagai satu-satunya pejabat eselon I di Pemprov Banten mempunyai kesempatan besar itu," jelasnya saat dihubungi, Rabu (25/08/2021.

Diakui Ihsan, di mata WH, Sekda Almuktabar diibaratkan sebagai bayi yang tidak diharapkan kelahirannya. Maka dari itu sering terjadi selisih paham antar keduanya. 

"Itu sudah menjadi rahasia umum, karena Sekda pilihannya 2017 silam tidak mendapat restu dari Presiden," katanya. 

Namun selain hal itu, ternyata ada faktor lain yang diduga menjadi penyebab mundurnya Sekda Banten, karenai hendak diberhentikan oleh Gubernur Banten. 

Seorang sumber yang terpercaya di lingkaran Sekda mengatakan, sebelum kejadian pengunduran diri itu, sempat ada tawaran kepada Sekda dari Gubernur Banten terkait pilihannya untuk dinonaktifkan atau mengajukan pengunduran diri. 

"Sekda melihat kedua tawaran ini menjadi tamparan keras, karena sepengetahuannya tidak ada kesalahan fatal terkait pelaksanaan tugas yang dilakukannya selama menjabat Sekda," kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya. 

Namun, lanjutnya, untuk menghindari kegaduhan yang berkepanjangan di internal Pemprov Banten, Sekda Almuktabar dengan legowo memilih untuk mengajukan pengunduran diri dan kembali ke instansi awal tempatnya meniti karir di Kemendagri. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar