ADVERTISEMENT

Tepi Pluit: Ciledug Raya dan Banjir Spanduk 

Minggu, 22 Agustus 2021 07:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AGUSTUS 2021 ini, beberapa bagian jalan Cileduk Raya dari Kebayoran Lama, Jakarta Selatan hingga wilayah Tangerang, Banten, bukan hanya beberapa kali kena banjir air akibat hujan.

Tepi jalan raya ini kini juga kena banjir spanduk ucapan selamat hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-76. Banyak orang tahu figur foto atau gambar yang ada di spanduk-spanduk itu. Ada foto politisi (anggota parlemen), ketua umum partai, menteri dan seterusnya.

Beberapa tokoh yang terpampang di spanduk-spanduk itu bukan hanya membanjiri tepian jalan-jalan raya. Mereka banyak di pasang di iklan-iklan media cetak, televisi dan (lebih-lebih) di media sosial.

Banjir spanduk atau iklan politik seerti ini sudah menjadi bahasan sejak lama. Antara lain coba baca buku berjudul “Kopi Pagi Bersama Harmoko - Tantangan Pemerintahan 2014 - 2019” yang diterbitkan PT Gria Media Prima, April 2014.

 

 
Dalam buku itu (halaman 311) ada ilustrasi karikatur seorang laki menunjuk spanduk-spanduk para politisi dengan mengatakan, “Ini juga sampah sisa banjir”.

Kemudian di halaman 236 di bawah judul, “Menteri Dan Iklan Diri” dikatakan, “Model yang begini, namanya infotorial”. “Sejumlah menteri beriklan, ada Meneg BUMN dengan produk jamu, Ketua DPR dengan inisial MA, menjadi bintang produk elektronik dalam negeri.........”. Kritik buku ini lebih tertuju kepada masa pemerintahan Presiden (2004 -2014) Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam buku ini ada 152 judul, kocak, bikin ketawa, bikin meringis, terasa manis dan pahit seperti secangkir kopi pagi. Coba bacalah, kita akan melihat saat ini di Cileduk Raya. (Ciamik)

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT