Baju Adatnya Viral Dipakai Jokowi dan Sandiaga Uno, Warga Baduy Harapkan Ini

Sabtu, 21 Agustus 2021 17:52 WIB

Share
Tetua Adat Baduy Jaro Saija (yusuf)
Tetua Adat Baduy Jaro Saija (yusuf)

LEBAK, POSKOTA .CO.ID - Pakaian adat Baduy atau Jamang Sangsang kini telah viral pasca dikenakan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Sidang MPR RI, 16 Agustus 2021 lalu.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno turut mengikuti Jokowi dan menggunakan pakaian adat Baduy . Hal itu terlihat dalam kunjungannya ke Kabupaten Lebak pada Jum'at (20/8/2021) kemarin.

Sandiaga menggunakan pakaian adat yang berwarna serba hitam itu lengkap dengan tas koja dan ikat kepala khas masyarakat Adat Baduy ketika hendak membuka workshop  dan pendampingan untuk meningkatkan Inovasi dan Kewirausahaan pelaku ekraf di Indonesia. 

Menanggapi hal itu, Tuta Adat Baduy, Jaro Saija mengungkapkan bahwa dirinya dan warga Adat Baduy mengaku bangga dengan digunakannya pakaian adat dan kerajinan tangan khas Baduy oleh kedua tokoh nasional itu.

Menurutnya, penggunaan pakaian adat itu merupakan suatu dukungan dari Presiden Indonesia dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia terhadap suku adat Baduy.

"Ya tentunya kita bangga, semoga dengan digunakannya pakaian adat itu dapat membantu meningkatkan penjualan berbagai kerajinan tangan , sehingga kesejahteraan masyarakat adat Baduy juga bisa meningkat," kata Jaro Saija saat ditemui di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Sabtu (21/8/2021).

Katanya, saat ini  tingkat penjualan kerajinan tangan sendiri tengah menurun drastis, efek pemberlakuan PPKM, dan juga lockdown yang dilakukan oleh pihaknya. 

"Ya akhir-akhir ini sepi, karena wisatawan yang biasanya datang untuk berkunjung dan memborong kerajinan tangan kini udah engga ada. Adapun jarang yang beli," katanya.

Dirinya berharap promosi terhadap kerajinan tangan dapat terus dilakukan oleh para tokoh nasional, dengan harapan dapat membantu ekonomi para pengrajin di Baduy.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya kepada kedua tokoh nasional yang telah membantu mempromosikan kebudayaan Baduy itu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar