ADVERTISEMENT

Awas! Covid-19 Bisa Bersarang dan Menular Lewat Pendingin Ruangan Dengan Cepat, Begini Penjelasan dr Tirta

Sabtu, 21 Agustus 2021 07:32 WIB

Share
AC Bisa Menjadi Tempat Menempel Covid-19 (Foto: Istimewa)
AC Bisa Menjadi Tempat Menempel Covid-19 (Foto: Istimewa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Virus Corona atau Covid-19 bisa sangat cepat membuat penularan yang cukup parah di dalam ruangan yang sangat tertutup dan minimnya ventilasi udara.

Salah satu yang membuat orang-orang menjadi ragu dan cemas yakni saat berada di ruangan ber-AC (pendingin ruangan) karena pastinya kita tahu ruangan akan ditutup rapat agar menjadi dingin.

Selain itu ruangan ber-AC tidak hanya ada di rumah saja tetapi juga ada di beberapa tempat umum seperti mall, toko, restoran dan tempat lainnya.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah apa benar Covid-19 bisa bersarang di ruangan ber-AC dan menular dengan waktu yang cepat?

Menurut keterangan dr Tirta, Covid-19 bisa sangat nyaman bersarang disebuah lingkungan yang sangat tertutup, jauh dari ventilasi dan tidak terpapar sinar matahari.

“Selama pandemi ini Covid itu sangat subur kalau dilingkungan yang ventilasinya itu buruk, nah kalau kita pakai AC itu kalau tidak rutin dibersihkan itu mengakibatkan virus-virus dan bakteri muter di AC terus makannya buat kalian yang punya AC itu dibersihkan,” ucap dr Tirta dikutip dari video berjudul ‘#tirtapraktek : NETIZEN KONSULTASI ONLINE | Part 2’ di kanal YouTubenya pada Jumat (20/8/2021).

Ventilasi udara memang berperan sangat penting dalam memasukkan udara bersih ke dalam suatu ruangan sambil menghilangkan udara yang lama, untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas udara.

Ventilasi dapat dicapai secara alami, misalnya dengan membuka jendela atau dengan memasang sistem mekanis.

Penyebaran Covid-19 paling sering terjadi ketika orang yang terinfeksi melakukan kontak dekat atau langsung dengan orang lain. Risiko penyebaran virus lebih tinggi di tempat yang ramai dan berventilasi buruk di mana orang menghabiskan waktu lama bersama dalam jarak dekat. Memperbaiki ventilasi dalam ruangan dapat mengurangi risiko penyebaran virus di dalam ruangan.

Ventilasi bukanlah tindakan yang berdiri sendiri dan harus diterapkan sebagai bagian dari paket tindakan yang komprehensif, seperti menjaga jarak fisik, memakai masker, sering membersihkan tangan, dan batuk atau bersin ke siku yang tertekuk. Masing-masing penting untuk melindungi Anda dari infeksi Covid-19. Cari tahu lebih lanjut tentang cara tetap aman di halaman saran publik kami.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT