ADVERTISEMENT

Untuk Akses ke RSUI, Akan Dibuat Underpass Margonda-Juanda Non Tol Dibangun Pemerintah Pusat dan Depok 

Jumat, 20 Agustus 2021 14:04 WIB

Share
Kadishub Kota Depok, Dadang Wihana. (foto: angga)
Kadishub Kota Depok, Dadang Wihana. (foto: angga)

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah pusat akan membangun  Underpas Jalan Margonda-Juanda Non Tol yang akan menghubungkan ke kawasan Universitas Indonesia, yakni untuk akses ke RSUI (Rumah Sakit UI).

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengungkapkan dalam hal ini Pemkot Depok bersama Pemerintah Pusat dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) akan segera membangun underpass Jalan Juanda.

"Pembangunan sesuai rencana baru dimulai pada tahun 2023. Pertama yang dibangun untuk jalur ke gerbang utama RSUI, itu berdasarkan arahan Presiden saat meninjau vaksin di RSUI,” ujarnya kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jumat (20/08/2021) siang.

Menurut Dadang, pembangunan tersebut adalah aspirasi dari RSUI yang disampaikan ke Presiden, Joko Widodo.

Kemudian, ditindaklanjuti Kementrian Perhubungan (Kemenhub), sehingga ini menjadi pembangunan dari pusat

"Sudah ada rapat dan pertemuan dalam pembahasan pembangunan," tuturnya.

Dadang menambahkan, tahun ini juga pihaknya segera mengidentifikasi untuk pembebasan lahannya.  Sedangkan pengusulan pengadaan lahannya, menjadi tanggung jawab pusat.

"Pembebasan lahan yang disebelah timur itu lebih banyak milik pemerintah daerah dan Pertagas, sehingga tidak begitu sulit terkait pembebasannya," ungkapnya.

Terkait konstruksi, lanjut Dadang, dari Kemenhub tahun depan semua sudah selesai. Pada 2023 sudah bisa dikerjakan karena ada pembebasan lahannya.

Sementara itu untuk ukuran underpass, Dadang mengatakan untuk ukurannya ROW sekitar 14 meter, panjang sekitar 300 hingga 400 meter.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT