ADVERTISEMENT

Penuhi Stok Selama Masa Pandemi, TNI AL dan PMI Tangerang Kolaborasi Laksanakan Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Jumat, 20 Agustus 2021 12:33 WIB

Share
Pelaksanaan Donor Darah di Kantor PMI Kota Tangerang. (foto: Iqbal)
Pelaksanaan Donor Darah di Kantor PMI Kota Tangerang. (foto: Iqbal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Masih dalam momentum HUT ke-76 RI, pelaksanaan kegiatan International Maritime Security Symposium (IMSS) 2021 dan ulang tahun CBS Jalasenastri Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) mengadakan kegiatan donor darah dan donor plasma Konvalesen bekerjasama dengan PMI Tangerang kota.

Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, SE.MT.R.Han selaku Komandan Seskoal mengatakan, pihaknya akan terus mendukung program pemerintah dengan kegiatan donor plasma konvalesen.

"Ini perlu. Karena ini untuk menekan covid19 segera berakhir dan membantu pasien yang membutuhkan di rumah sakit," ujarnya Jumat (20/8/2021).

Menurut dia kegiatan donor darah tersebut diperkirakan dapat menargetkan sebanyak 100 s.d 150 pendonor biasa. Sedangkan pendonor Plasma konvalesen dengan target sebanyak 100 orang pendonor yang terdiri dari Personel Seskoal dan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-59 TA 2021 dan Pejabat Utama (PJU) Patun Dosen Seskoal, Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Seskoal. 

Pelaksanaan ini sendiri akan dilakukan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 18 sampai dengan 20 Agustus 2021.

"Donor darah ini merupakan salah satu kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu antara sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah," ujarnya.

Terlebih, lanjut dia, ditengah pandemi Covid-19 ini, Seskoal bersama-sama memberikan kontribusi darah kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Hal ini tentunya selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

"Selain bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan ternyata donor darah juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi pendonornya, apabila dilakukan secara rutin," ucapnya. 

Dia menyebut manfaat bagi pendonor antara lain dapat mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT