ADVERTISEMENT

Aneh Tapi Nyata! Bayi Hiu Mendadak Muncul di Kolam, Padahal Semuanya Berisi Hiu Berjenis Kelamin Betina, Kok Bisa?

Jumat, 20 Agustus 2021 15:55 WIB

Share
Bayi Hiu Tiba-Tiba Muncul di Dalam Bak Mandi (Foto: @nypost/Twitter)
Bayi Hiu Tiba-Tiba Muncul di Dalam Bak Mandi (Foto: @nypost/Twitter)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ITALIA, POSKOTA.CO.ID – Aneh tapi nyata, itulah sepertinya hal yang cocok untuk menggambarkan peristiwa ini dimana ada seekor bayi hiu yang tiba-tiba muncul di kolam yang seluruhnya berisi hiu berjenis kelamin betina tanpa adanya satu pun jantan.

Dalam video yang tersebar di media sosial terlihat adanya kemunculan seekor bayi hiu anjing halus (Houndsharks) yang diduga dilahirkan oleh salah satu dari dua ekor hiu betina yang terjadi secara reproduksi aseksual pertama yang tercatat dalam spesies ini.

Peristiwa langka dan misterius terjadi di Acquario Cala Gonone di Sardinia, Italia. Di sana terdapat dua hiu anjing halus betina telah tinggal selama beberapa dekade terakhir, tanpa kehadiran satu pun hiu jantan.

Media lokal melaporkan bahwa para ahli percaya bahwa anak hiu itu, yang dijuluki "Ispera" oleh staf di akuarium, sebenarnya adalah tiruan dari induknya.

Hal tersebut diketahui melalui partenogenesis, di mana embrio dibuahi oleh sel kutub, produk sampingan dari meiosis, ketika kuman sel membelah untuk menghasilkan sel telur atau sperma.

Sel kutub pada wanita, yang berisi duplikat DNA telur, berlebihan jika ada sperma pria. Tetapi selama partenogenesis, yang telah diamati pada beberapa hiu dan hewan lain, para ilmuwan percaya bahwa sel kutub dapat digunakan sebagai DNA tambahan untuk sel telur yang kesepian.

Bentuk reproduksi aseksual ini jarang terjadi pada betina dengan sedikit prospek untuk menemukan pasangan karena kepadatan populasi yang rendah atau dalam kasus Ispera, tidak ada calon ayah sama sekali.

Ahli biologi kelautan di Cala Gonone telah mengirim sampel DNA ke laboratorium untuk mengkonfirmasi hipotesis mereka.

Partenogenesis relatif umum pada invertebrata, seperti cacing, serangga, beberapa arakhnida dan krustasea, dan lebih jarang diamati pada vertebrata, termasuk beberapa amfibi, kadal dan ikan.

Memang, kelahiran kloning diri dikonfirmasi dalam tiga spesies hiu: bonnethead, hiu blacktip dan hiu zebra. Kelahiran Ispera mungkin mendorong spesies keempat, anjing pelacak, untuk ditambahkan ke dalam daftar. (cr03)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT