ADVERTISEMENT

PKKMB Untirta 2021, Wagub Banten Minta Kampus Kembangkan Pembelajaran yang Tumbuhkan Budaya Inovasi

Kamis, 19 Agustus 2021 09:11 WIB

Share
Wagub Banten Andika Hazrumy . (ist)
Wagub Banten Andika Hazrumy . (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 dalam Sidang Terbuka Senat Untirta yang digelar di Auditorium Kampus Untirta Baru, di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Rabu (18/8/2021). 

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual melalui video conference, meminta pihak kampus menanamkan nilai-nilai tentang pembelajaran yang dapat menumbuh kembangkan budaya inovasi.

“Tentu dengan tetap memperhatikan kearifan lokal sebagai identitas kultur sebagai landasan kreativitas dan budaya inovasi tersebut,” kata Andika dalam kegiatan yang dibuka oleh Rektor Untirta Fatah Sulaiman dan diikuti secara virtual oleh ribuan mahasiswa baru Untirta.

Selain Andika, turut memberikan sambutan pada acara tersebut, juga secara daring, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim. 

Menurut Andika, saat ini karakter mahasiswa yang dibutuhkan bukan sekedar mahasiswa yang unggul dalam sisi akademik semata. 

Menurutnya, kependidikan di kampus jangan hanya terfokus pada aspek-aspek nilai formal semata, melainkan juga harus memiliki nilai-nilai dan upaya pembentukan kemampuan ketahanan pribadi atau resiliensi sebagai daya tahan dan daya tanggap mahasiswa dalam menghadapi tantangan global.

"Hal tersebut dapat dibentuk melalui peningkatan religiusitas, optimisme, tindakan-tidakan produktif serta ketekunan dalam menjalankan suatu bidang keahlian tertentu melalui program kampus merdeka," imbuhnya. 

Lebih jauh Andika mengatakan, prioritas pembangunan daerah Pemprov Banten tahun 2021 ini adalah mempercepat pemulihan pandemi Covid-19, baik pada aspek layanan kesehatan, program perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi.

Berikutnya, lanjut Andika, meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya melalui peningkatan aksesibilitas pendidikan dan memperkuat infrastruktur untuk interkonektivitas wilayah, serta daya saing daerah. 

“Selanjutnya, memacu pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan sektor-sektor unggulan dan memperkuat tata kelola pemerintahan,” imbuhnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT