ADVERTISEMENT

Pengiriman 10 Kg Sabu Asal Kongo Lewat Bandara Soetta Digagalkan Petugas Bea dan Cukai

Kamis, 19 Agustus 2021 15:33 WIB

Share
Puluhan sabu asal Kongo yang disita petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. (Iqbal)
Puluhan sabu asal Kongo yang disita petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta. (Iqbal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID  - Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno - Hatta mencegah kiriman paket narkotika jenis sabu jaringan Internasional. Barang haram ini dikirim melalui paket kiriman yang berasal dari Negara Kongo.

Ditengah wabah Pandemi Covid 19 ini peredaran narkotika di Indonesia masih sangat kencang. Bahkan bukan hanya dari dalam negeri saja, beberapa kali barang haram tersebut coba diselundupkan dari luar negeri.

Kali ini paket kiriman barang haram dari Negara Kongo ini coba diselundupkan melalui gerbang negara yakni Bandara Soetta. Namun beruntung upaya tersebut dapat digagalkan.

Sebanyak 10.456 gram methamphetamine atau Sabu ini berhasil disita oleh Kantor Bea dan Cukai Bandara Soetta, Jumat (23/7/2021) lalu.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta Finari Manan mengatakan, penegahan ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap dua paket kiriman yang dilaporkan berisi Polished Malachite.

"Kami tegah barang kiriman yang diberitahukan 2 koli isinya diberitakan patung-patung dan bola hijau ini 2 koli, 20 bola hijau dan 10 patung," ungkap Finari di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (19/8/2021).

Menurut Finari, setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap isi paket kiriman tersebut, petugas menemukan Sabu yang disembunyikan di dalam 40 buah bola Polished Malachite Stone yang sangat keras.

"Ini disembunyikan melalui patung binatang berukuran kecil dan bola hijau," jelasnya.

Dia merinci dalam paket pertama upaya penyelundupan yang dilakukan melalui 8 buah patung dan 20 buah bola ini masing masing berisi pelastik berisikan serbuk kristal bening.

Sedangkan, pada kemasan kedua ditemukan 10 buah patung binatang berukuran kecil dan 20 buah bola batu berwarna hijau yang mana didalamnya juga terdapat bungkusan plastik kuning berisikan Sabu.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT