Pemprov Banten Bangga Saksikan Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy

Selasa, 17 Agustus 2021 20:10 WIB

Share
Gubernur Banten, Wahidin Halim bersama jajaran Muspida Banten saat peringat HUT ke-76 RI. (ist)
Gubernur Banten, Wahidin Halim bersama jajaran Muspida Banten saat peringat HUT ke-76 RI. (ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten merasa bangga dan terharu ketika menyaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian  adat suku Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2021 sebagai agenda resmi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT)  RI ke-76 di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyatakan bahwa dirinya mengapresiasi dan bangga, baju adat Baduy dipergunakan oleh Presiden Jokowi  dalam Sidang Istimewa DPR/MPR RI pada 16 Agustus 2021.  

Hal tersebut diungkapkan Gubernur WH usai Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tingkat Provinsi Banten di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten,  Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Selasa (17/8/2021). 

“Ada satu sistem dan pola kehidupan masyarakat Baduy yang perlu kita contoh, salah satunya sistem ekonomi gotong royong. Sistem sosialnya memberikan suatu contoh tersendiri, di antaranya tradisi yang mengatur hubungan dengan masyarakat lain, sistem mengolah lahan, bagaimana mereka bisa survive sejak ratusan tahun lalu,” ujar  Gubernur WH. 

Gubernur WH menambahkan, sistem ekonomi gotong royong yang dipegang teguh oleh masyarakat Baduy merupakan nilai yang tidak lekang oleh dinamika perkembangan zaman. (adv) 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur WH mengatakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021 saat ini, memberikan makna hakiki amanah kemerdekaan untuk mengisi pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia. 

“Salah satu upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat itu dengan memberikan layanan kesehatan dan pendidikan. Amanah kemerdekaan adalah membangun dan mensejahterakan rakyat,” ujarnya. 

Gubernur WH  mengungkapkan masyarakat Indonesia saat ini tidak lagi mengusir penjajah dan melawan kolonialisme, tapi yang dilakukan adalah mengisi pembangunan dan mewujudkan harapan masyarakat.

Selain itu, Gubernur WH juga mengimbau kepada seluruh pihak agar mematuhi protokol kesehatan dalam perayaan hari kemerdekaan RI ke-76, khususnya tidak menimbulkan kerumunan.  “Rayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia tapi tetap menaati protokol kesehatan,”  ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub)  Banten Andika Hazrumy mengaku bangga dan terharu  menyaksikan  Presiden Jokowi mengenakan  pakaian  adat khas Provinsi Banten dari suku Baduy dalam forum resmi lembaga tertinggi negara yang diikuti secara virtual oleh seluruh daerah di Indonesia.

Halaman
Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar