ADVERTISEMENT

Bahaya, Uday Mendesak Pelaku Penghina Suku Baduy di Medsos Meminta Maaf

Selasa, 17 Agustus 2021 13:48 WIB

Share
Pendamping suku adat Baduy Uday Suhada. (luthfi) 
Pendamping suku adat Baduy Uday Suhada. (luthfi) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Pendamping suku adat Baduy, Uday Suhada mendorong agar pelaku penghina suku adat Baduy segera meminta maaf secara baik-baik kepada kasepuhan. 

Menurut Uday, membaca tulisan saudara Mohammad Barnie, oknum wartawan tirto.id melalui akun Twitter-nya yang diunggah Senin 16 Agustus jam 08:40, adalah bentuk penghinaan terhadap masyarakat adat Kanekes (Baduy), Lebak, Banten.

"Kalimatnya sangat merendahkan. Tak pantas seorang jurnalis membuat statement yang menyakiti hati Urang Kanekes," ujarnya.

Cuitan itu, lanjut Uday, terbilang rasis dan su'ul adab, yang sangat tidak pantas diungkapkan oleh seorang insan pers.

Karena itu, dirinya selaku pecinta Baduy yang intens berkomunikasi dengan para tokoh adatnya sejak 1994, menyatakan keberatan atas pernyataan Mohammad Bernie dalam twitternya yang menghina urang Kanekes. 

"Saya merasa tersinggung atas statement-nya yang melukai nilai-nilai kemanusiaannya," ucapnya.

Maka dari itu Uday menuntut saudara Mohammad Barnie untuk segera menyampaikan permohonan maaf secara langsung dan terbuka serta pernyataan tak akan lagi menghina warga Kanekes. 

Apabila dalam 1x24 jam sejak dibuatnya pernyataan ini tidak diindahkan, maka saya dan kelompok pecinta Baduy akan menggalang berbagai elemen warga Banten untuk meminta pertanggungjawaban saudara Mohammad Bernie secara langsung kepada masyarakat adat Baduy. 

"Namun jika permintaan itu tidak dilakukan, maka saya akan bawa kasus ini ke kepolisian. Saya akan buat laporan ke Polda Metro Jaya," ungkapnya. 

Diakui Uday, jika misalnya yang bersangkutan takut, jangan khawatir.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT