Bonsai Kelapa Indonesia, Pupuk Ajang Silaturahmi dan Berbagi kepada Sesama

Senin, 16 Agustus 2021 16:38 WIB

Share
Komunitas Bonsai Kelapa Indonesia (BKI) saat adakan pameran. (ist)
Komunitas Bonsai Kelapa Indonesia (BKI) saat adakan pameran. (ist)

POHON kelapa termasuk jenis tanaman yang serba guna dan banyak ditemukan di pedesaan dan daerah pantai di seluruh Indonesia. Jika berkembang bagus, pohon kelapa bisa tumbuh setinggi puluhan meter dan menghasilkan buah yang terus-menerus. Namun, di tangan sebagian orang, pohon kelapa ini bisa dibuat menjadi bonsai yang mempunyai seni tinggi dan bernilai mahal.

Ini pula yang melandasi komunitas Bonsai Kelapa Indonesia (BKI) untuk terus berkiprah mengembangkan bonsai kelapa ke berbagai wilayah di Indonesia. Tidak mengherankan jika makin banyak warga yang mulai mencintai bonsai kelapa untuk sekedar iseng di rumah.

Hal ini diakui salah satu pecinta bonsai kelapa asal Cipondoh, Kota Tangerang, Dede Koswara, kemarin. Diungkapkan Dede Koswara, makin sering komunitas BKI mengadakan kegiatan berupa pameran atau aksi sosial di masyarakat, makin banyak warga yang minta untuk menggeluti bonsai kelapa.

Dede Koswara mengungkapkan, melalui BKI anggota dapat memupuk ajang silaturahmi dengan sesama pecinta BKI yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Untuk lebih mendekatkan diri sesama anggota maupun masyarakat, mereka pun aktif menyebarluaskan informasi di antaranya melalui face book bonsai kelapa Indonesia, dengan admin Dede Koswara (Tangerang), Abas Priatna (Subang) dan Ewi Eko Handoko (Lampung).

Melalui berbagai pertemuan inilah saat ini BKI Tangerang beranggotakan 100 orang. Sedang untuk Korwil Banten, BKI dipimpin oleh Singo Mataram mempunyai anggota 350 orang. Mereka sering berbagi informasi   

“Ibaratnya kami dapat menyalurkan hobi yakni menggeluti bonsai kelapa sekaligus membantu sesama yang terkena musibah atau bencana. BKI di antaranya melakukan aksi sosial di berbagai daerah yang terkena bencana alam seperti di Lombok, Palu, Palembang, Jawa Barat, Lebak, Sukabumi  dan lainnya,” kata Dede Koswara.

Berkat bonsai kelapa juga bapak tiga anak ini bisa bertemu dengan sesama pecinta bonsai saat mengadakan pameran di Banten dan berbagai daerah di Indonesia. Saat pameran itu, mereka melelang bonsai kelapa ke pengunjung. “Hasil lelang di antaranya untuk memberi santunan ke anak yatim, panti sosial, membantu anggota sakit, meninggal  dan lainnya,” tandasnya.

Bernilai Tinggi

Saat lelang itulah diketahui bonsai kelapa yang mempunyai nilai tinggi yang bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu pohon. “Makin unik, tua serta banyak cabang yang dimiliki bonsai kelapa, makin bernilai tinggi. Namun, tidak semua bonsai kelapa bisa banyak cabang karena tergantung gen serta perawatan sehari-hari,” ungkap pria yang bekerja di konsultan pajak ini.

Menurut Dede Koswara, nenis kelapa yang bisa dibuat bonsai, hampir semua jenis kelapa bisa. Namun, jenis kelapa gading orange paling bagus dan bernilai jual tinggi. Selain itu, jenis kelapa hijau dan kelapa coklat juga bisa dibuat bonsai kelapa.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar