ADVERTISEMENT

Tahun 2022 Bosch Mulai Produksi ABS Sepeda Motor di Thailand

Jumat, 13 Agustus 2021 11:17 WIB

Share
Bosch akan produksi ABS sepeda motor di Thailand tahun 2022. (foto/paultan)
Bosch akan produksi ABS sepeda motor di Thailand tahun 2022. (foto/paultan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID – Tahun 2022 mendatang Bosch akan memproduksi system ABS (Anti Lock Braking System) untuk sepeda motor di sepeda motor di fasilitas Amata di Rayong, Thailand.

Nantinya Thailand akan menjadi tempat produksi untuk pasar internasional ABS sepeda motor ketiga setelah Jepang dan India.

Ini mengikuti persyaratan pemerintah Thailand pada April 2021 untuk semua sepeda motor baru yang diproduksi setelah 2024 untuk dilengkapi dengan ABS. 

Pabrik di Rayong ini nantinya akan membuat Bosch siap untuk mendukung beberapa pabrikan, seperti BMW Motorrad, Ducati dan Triumph serta beberapa pabrikan lain di seluruh dunia.

“Dengan lampu dan dasar ABS10, kami menyediakan sistem keamanan khusus untuk skuter komuter kecil dan sepeda motor yang mewakili moda transportasi utama di ASEAN. Pelanggan kami akan mendapatkan keuntungan dari produksi lokal di pabrik mapan yang sudah memiliki pengalaman memproduksi sistem ABS roda empat,” kata Geoff Liersch, presiden unit Two-Wheeler and Powersports di Bosch.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), Thailand memiliki jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas tertinggi di ASEAN. 

Jumlah rata-rata kematian di jalan untuk ASEAN adalah 20,7 kematian per 100.000 penduduk, sementara Thailand mencatat angka 36,2 dan kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua dan tiga menyumbang 43% dari semua kematian lalu lintas jalan.

Sementara itu, di Malaysia, sepeda motor ABS masih tidak wajib, meskipun beberapa pabrikan sudah penggunaan perangkat ini untuk varian sepeda motor dengan kapasitas mesin lebih kecil..

Sementara sepeda motor berkapasitas lebih besar kelengkapan ABS menjadi standar yang wajib untuk dipasarkan.  

Sejak tahun 2016, sebuah sumber mengatakan kepada paultan.org, Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia (MIROS), masih dalam pengkajian tentang kewajiban setiap pabrikan untuk menggunakan perangkat ABS di sepeda motor di Malaysia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT