Heboh! Akun IG Teluuur Klaim Orang yang Sudah Divaksin Bisa Terdeteksi Punya Kode Khusus Lewat Gelombang Bluetooth HP, Benarkah?

Jumat, 13 Agustus 2021 10:39 WIB

Share
Heboh Akun Teluuur Klaim Orang yang Sudah Divaksin Bisa Terdeteksi Punya kode Khusus Lewat Gelombang Bluetooth di HP (Foto: Freepik/User7350813)
Heboh Akun Teluuur Klaim Orang yang Sudah Divaksin Bisa Terdeteksi Punya kode Khusus Lewat Gelombang Bluetooth di HP (Foto: Freepik/User7350813)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Beredar luas di media sosial kabar yang cukup menghebohkan yakni orang yang sudah disuntik vaksin bisa terdeteksi lewat bluetooth handphone.

Kabar tersebut disebarkan langsung oleh akun Instagram bernama @_teluuur, akun tersebut menjelaskan bahwa jika orang yang sudah divaksin menyalakan Bluetooth didekatnya maka akan muncul kode yang diklaim merupakan antena reseptor 5G.

Berikut narasi yang dibuat di Instagram akun @_teluuur:

"Nyalakan bluetooth hape lalu dekatkan pada orang yang telah di enjus (disuntik). Jika muncul kode seperti 4F-6A-01-77-2A-95 maka selamat, mereka jadi antena reseptor 5G"

Melihat pernyataan itu tersebar luas di media sosial, membuat sejumlah netizen bingung dan panik apakah benar jika vaksin Covid-19 mengandung sebuah alat atau ‘chip’ sehingga bisa terdeteksi jika didekatkan ke Bluetooth yang menyala.

 

Akan tetapi melansir informasi yang dihimpul dari laman covid19.go.id yang mengutip dari lembaga pengecekan fakta fullfact.org, telah mengklaim bahwa pernyataan tersebut 100 persen bukanlah sesuatu yang benar alias hoaks.

Faktanya, tubuh manusia yang sudah divaksin tidak mungkin lagi bisa terkoneksi ke bluetooth karena vaksin terdiri dari sejumlah bahan kimia yang tidak bisa mentransmisikan gelombang radio dari jarak pendek.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar