ADVERTISEMENT

125 Napi di Lapas Rangkasbitung Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, 5 di Antaranya Langsung Bebas: Alhamdulilah Banyak Pengalaman

Senin, 9 Agustus 2021 02:30 WIB

Share
WBP di Lapas Rangkasbitung. (Foto/Poskota.co.id/Yusuf)
WBP di Lapas Rangkasbitung. (Foto/Poskota.co.id/Yusuf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Sedikitnya ada 125 Narapidana (Napi) yang menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Lapas Kelas III Rangkasbitung diusulkan akan mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. Bahkan, 5 diantaranya akan langsung bebas.

Kepala Lapas Rangkasbitung Budi Ruswandi mengatakan, remisi tersebut diberikan menyambut Hari Kemerdekaan atau HUT RI ke 76 yang jatuh pada 17 Agustus 2021 nanti.

"Iya kita usulkan 125 WBP ke Kemenhumkam untuk mendapatkan remisi kemerdekaan tahun ini," kata Kapalas saat ditemui diruang kerjanya, Minggu (8/8/2021).

Kapalas menjelaskan, dalam pemberian usulan remisi itu, pihaknya melakukan penilaian secara ketat dengan memerhatikan sikap para WBP.

Tentunya, para WBP yang berkelakuan baik yang akan mendapatkan remisi itu.

“Kalau jumlah keseluruhan ada 263 orang penghuni lapas ini diantaranya 158 orang berstatus narapidana dan 105 orang merupakan tahanan. Jadi yang diusulkan untuk mendapatkan remisi ini merupakan narapidana,” terang Budi.

“Remisi paling besar lima bulan untuk empat orang bahkan lima orang ini pada tanggal 17 Agustus langsung bebas,” timpalnya.

Seorang narapidana yang mendapatkan remisi BGS (26) mengaku senang dirinya bisa masuk usulan remisi. Ia pun mengaku, dengan adanya remisi ini membantu dirinya mendapat keringanan masa tahanan.

Menurutnya, indikator remisi ini syarat administratif sesuai perundangan undangan dan syarat subtantif kelakuan baik, di mana mereka (narapidana) mengikuti pembinaan dengan tekun dan tidak ada cacat semasa pembinaan.

“Syarat mendapatkan remisi itu masa pidana enam bulan,” imbuhnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT