ADVERTISEMENT

Kisruh Beras Busuk Bansos PPKM di Lebak-Pandeglang, Menko PMK: Memang Perlu Ditingkatkan Kualitasnya

Sabtu, 7 Agustus 2021 17:36 WIB

Share
Sidak Menko PMK Muhadjir Effendy ke gudang Pos Pandeglang. (foto: Humas Pandeglang)
Sidak Menko PMK Muhadjir Effendy ke gudang Pos Pandeglang. (foto: Humas Pandeglang)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy langsung merespon ketika mendapatkan laporan bahwa terdapat beras busuk tidak layak konsumsi untuk bansos warga masyarakat di Lebak dan Pandeglang.

 Ia pun langsung melakukan sidak ke kantor Pos Indonesia Cabang Pandeglang, Jum'at (06/08/2021) kemarin.

Menko PMK Muhadjir yang didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita pun melakukan pemeriksaan pada beras yang akan didistribusikan pada program bantuan PPKM Darurat itu.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan, dia pun mengatakan bahwa beras yang rusak tersebut sudah di tarik dan diganti dengan yang baru oleh pihak Bulog dan langsung di salurkan oleh PT Pos Cabang Pandeglang.

Ia pun mengakui bahwa saat ini kondisi kualitas beras di Pandeglang masih belum terlalu bagus untuk diberikan sebagai bantuan kepada masyarakat yang terdampak PPKM.

"Kalau dibandingkan dengan beberapa tempat yang saya kunjungi, ada lebih dari lima lokasi baik di Jawa maupun di luar Jawa, beras di sini memang perlu ditingkatkan kualitasnya," ujarnya di Pandeglang, Banten, Jumat (6/8/2021).

Menurutnya, saat ini alat penggilingan hasil produksi tani di Pandeglang masih belum dimodernisasi secara utuh, sehingga beras yang dihasilkan masih belum terlalu bagus untuk dikonsumsi.

Menko Muhadjir pun menjelaskan bahwa beras hasil petani Pandeglang tidak kalah bagus apabila alat prosedurnya sudah dimodernisasi secara baik.

"Tadi Bupati sudah sampaikan hasil panen di sini surplus, artinya ada yg bisa dijual keluar dan itu supaya mampu bersaing harus bagus alatnya. Sebetulnya gabahnya sudah bagus, tapi penanganan pascapanennya harus diperbaiki, pemilik mesin gilingnya juga mengakui mesinnya di sini perlu di perbaharui," tegasnya.

Nantinya, pihaknya akan mencoba melakukan komunikasi dengan Kementrian Pertanian untuk dapat diberikan alat yang canggih untuk menghasilkan produksi beras terkhusus di Kabupaten Pandeglang.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT