ADVERTISEMENT

Jangan Terlena Bansos

Sabtu, 7 Agustus 2021 06:00 WIB

Share
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat membagikan Kartu Bansos pada masyarakat. (foto: muhammad iqbal)
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat membagikan Kartu Bansos pada masyarakat. (foto: muhammad iqbal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh Tri Haryanti, Wartawan Poskota

PEMERINTAH kembali mengucurkan sejumlah subsidi pada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini.

Mulai dari Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Beras 10 Kg yang sejak beberapa minggu lalu sudah disalurkan ke masyarakat. Bahkan kini pemerintah juga akan memberikan bantuan subsidi gaji/upah (BSU) tahun 2021 bagi pekerja/buruh.

Pekerja/buruh yang memenuhi persyaratan berhak mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan yang dibayarkan secara sekaligus satu kali transfer, sehingga total yang didapatkan penerima sebesar Rp1 juta

Pemerintah juga akan segera mengucurkan buat para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahap ketiga senilai Rp1,2 juta, juga selama 2 bulan.

Baca Juga:

Melalui sejumlah bantuan ini, pemerintah berharap bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi, akibat kehilangan pekerjaan atau usahanya terpaksa tutup akibat daya beli masyarakat turun.

Namun harus diingat, semua bantuan tersebut sifatnya sementara, karena tidak mungkin pemerintah memberikan subsidi terus menerus ke masyarakat. Kita jangan terlena dengan berbagai program bantuan, yang bahkan sering tidak merata diterima masyarakat. Jadi jangan terlena dengan sejumlah bantuan sosial.

Karena itu sudah saatnya seluruh lapisan masyarakat bersama-sama pemerintah harus berusaha mengatasi dan menekan penularan Covid-19, dengan mendukung program-program yang sudah ada. Seperti menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi yang kini digelar pemerintah di seluruh pelosok negeri dengan program Vaksinasi Merdeka.

Dengan kesadaran mengikuti vaksin diharapkan tercipta herd imunity (kekebalan kelompok). Dan dengan kesadaran diri mendukung program pemerintah tersebut, kita bisa berharap pandemi segera berakhir dan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat kecil kembali pulih.

Sehingga diharapkan tempat-tempat usaha bisa dibuka secara normal, agar lapangan kerja kembali terbuka, ekonomi terus tumbuh dan angka pengangguran bisa kembali turun.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT