ADVERTISEMENT

Ini Spesifikasi Mewah Pesawat Kepresidenan RI yang Baru Diganti Warna Cat Menjadi Merah-Putih, Ada Ruang Buat Olahraga Juga Loh!

Rabu, 4 Agustus 2021 09:27 WIB

Share
Ini Loh Spesifikasi Mewah Pesawat Milik Kepresidenan RI yang Baru-Baru Ini Diganti Warna Cat Jadi Merah-Putih (Foto: ARC.WEB)
Ini Loh Spesifikasi Mewah Pesawat Milik Kepresidenan RI yang Baru-Baru Ini Diganti Warna Cat Jadi Merah-Putih (Foto: ARC.WEB)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Sedang menjadi perbincangan hangat tentang pesawat kepresidenan RI yang berubah warna cat dari biru-putih menjadi merah-putih.

Hal tersebut menjadi heboh diperbincangkan banyak orang lantaran sebelumnya tidak ada kabar yang merebak bahwa warna cat pesawat akan diganti dan sekarang tiba-tiba saja sudah diganti dengan sendirinya.

Meskipun alasan dibalik penggantian warna cat itu karena ingin menyambut ulang tahun RI yang ke-76, tetapi tetap saja tindakan yang terkesan mendadak itu membuat warga dan sejumlah tokoh kecewa.

Terlebih saat ini masih terjadi pandemi Covid-19 yang seharusnya uang yang digunakan untuk mengecat ulang pesawat itu disalurkan ke rakyat yang lebih membutuhkan.

Akan tetapi terlepas dari kontroversial yang ada, bagaimana spesifikasi yang dimiliki oleh pesawat tersebut? Melansir dari berbagai macam sumber, berikut spesifikasi lengkap pesawat kepresidenan RI yang tengah viral itu.

Nama Teknis : Boeing 737-800 BBJ-2, kapasitas bahan bakar yang dimiliki oleh pesawat itu mencapai 39.539 liter, jarak tempuh maksimal hingga 10.334 kilometer dan dengan kapasitas penuh 50 orang, jarak tempuhnya terjauhnya turun jadi 8.630 kilometer. Kecepatan maksimal pesawat itu mencapai 871 kilometer per jam.

Berikut detail/rincian ukuran bodi pesawat:

- panjang 39,5 meter

- rentang sayap 35,8 meter

- tinggi ekor 12,5 meter

- diameter 3,73 meter

Interior Pesawat sebagai berikut.

- panjang 29,97 meter

- tinggi 2,16 meter

- lebar 3,53 meter

Harga : US$ 91,2 juta, sekitar Rp 820 miliar

- Badan pesawat : US$ 58,6 juta

- Interior kabin : US$ 27 juta

- Sistem keamanan : US$ 4,5 juta

- Biaya administrasi : US$ 1,1 juta

Fasilitas yang ada di dalam diantaranya ada kamar tidur, toilet dengan pancuran, ruang konferensi, ruang makan, ruang tamu.

Rincian Interior

Kokpit : Tempat duduk bagi dua awak, enam monitor penerbangan, dual GPS build-in, TCAS, GPWS, dan sistem panduan penerbangan Flight Dynamics.

Kabin depan pesawat ada beberapa fasilitas seperti Kamar dengan tempat tidur besar, ruang tamu, ruang istirahat kru, kamar mandi dengan pancuran.

Sedangkan kabin belakang ada beberapa fasilitas seperti 24 kursi penumpang yang bisa diselonjorkan jadi tempat tidur, ruang rapat, ruang olahraga, dan toilet. (cr03)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT