ADVERTISEMENT

Tetap Waspada, Kasus Masih Fluktuatif

Selasa, 3 Agustus 2021 09:30 WIB

Share
Tetap Waspada, Kasus Masih Fluktuatif. (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)
Tetap Waspada, Kasus Masih Fluktuatif. (Kartunis/Sental-Sentil/Poskota.co.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ALHAMDULILLAH kasus baru Covid-19 menurun tajam menjadi 22.404. Ini angka terendah sejak terjadi lonjakan tertinggi pada pertengahan Juli lalu yang mencapai angka 56.757  ribu kasus.

Di hari terakhir PPKM level 4, Senin (02/08/2021), ditandai juga dengan meningkatnya angka kesembuhan mencapai 32.806 orang.

Menurunnya penambahan kasus positif dan meningkatnya pasien sembuh, wajib kita syukuri. Ini sebagai upaya luar biasa kita semua, baik pemerintah, swasta dan segala lapisan masyarakat. Lebih – lebih mereka yang berada di garda terdepan penanganan Covid-19.

Meski begitu kewaspadaan harus tetap ditingkatkan, jangan karena kasus menurun, lantas penanganan ikut menurun juga, apalagi disiplin menjalankan protokol kesehatan. Patut diantisipasi juga masih tingginya angka kematian. Data menyebutkan pasien Covid meninggal dunia sebanyak 1.568 orang, total angka kematian menjadi 97.291, mendekati angka 100 ribu orang.

Melalui kolom ini pernah disampaikan bahwa meningkatnya angka kematian karena berbagai faktor, di antaranya kondisi pasien yang sudah parah ketika sampai ke rumah sakit, sementara tingkat hunian rumah sakit rujukan di sejumlah daerah sudah penuh sehingga tak jarang penanganan pasien  terkendala secara teknis dan medis. Selain itu kondisi pasien komorbid dan pasien yang kurang terkontrol kesehatannya ketika melakukan isolasi mandiri.

Faktor penyebab tersebut berawal dari meningkatnya pasien baru karena melonjaknya warga yang terkonfirmasi Covid-19 hingga di angka 50 ribu orang setiap harinya.

Tingginya kasus positif menyebabkan kian bertambahnya kasus aktif, yakni jumlah pasien yang masih dalam perawatan baik di rumah sakit rujukan dan isolasi mandiri. Data terakhir menyebutkan jumlah pasien yang masih dirawat sebanyak 523.165 orang.

Sehari sebelumnya, Minggu (01/08/2021) tercatat 535.135 pasien. Berarti ada penurunan.

Kita berharap penurunan akan terus berlanjut setiap harinya, seiring dengan menurunnya kasus positif hingga di bawah 10 ribu kasus seperti target dari penerapaan PPKM Darurat dan level 4.

Karenanya kewaspadaan masih harus ditingkatkan karena kasus aktif masih fluktuatif. Meski kasus positif dan angka kematian diupayakan terus menurun, tetapi antisipasi wajib dilakukan untuk menghadapi segala risiko yang bakal terjadi. Mengingat naik turunnya kasus Covid-19 akan terkait pula dengan upaya 3T (testing, tracing dan treatment) yang dilakukan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT