ADVERTISEMENT

Waduh, Terpaksa Gagal Divaksin Gara-gara 834 Warga Binaan Rutan Salemba Ini Tak Miliki NIK KTP

Senin, 2 Agustus 2021 23:56 WIB

Share
Tak Miliki NIK KTP, 834 Warga Binaan Rutan Salemba Terpaksa Gagal Divaksin. (foto: cr-05)
Tak Miliki NIK KTP, 834 Warga Binaan Rutan Salemba Terpaksa Gagal Divaksin. (foto: cr-05)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Salemba Yohanis Varianto menjelaskan sebanyak 834 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Salemba tak miliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Akibatnya, mereka (warga binaan) terkendala, yakni terpaksa gagal divaksinasi Covid-19 hari ini. Padahal, vaksinasi dilakukan untuk menciptakan herd immunity para warga binaan. 

"Iya, ada 834 warga binaan yang tak miliki NIK, mereka akan menunggu proses selanjutnya agar dapat ikut vaksinasi tahap pertama," kata Karutan Kelas I Salemba Yohanis Varianto lokasi, Senin (2/8/2021).

Meski demikian, Yohanis mengatakan pihaknya sudah mengajukan data mereka ke Dukcapil untuk pendataan NIK warga binaan. 

"Sehingga nanti mereka bisa ikut vaksin mandiri yang dilakukan oleh Nakes Rutan," ujarnya.

Yohanis berharap dengan adanya vaksinasi untuk warga binaan ini. Mereka dapat terhindar dari COVID-19. Apalagi warga binaan berada di dalam ruangan yang jumlahnya cukup banyak, sehingga jika salah satu terpapar tentu semua pun akan ikut terpapar. 

Para warga binaan yang akan melaksanakan vaksinasi ini terlebih dahulu dilakukan screening terkait kesehatan, setelah tenaga kesehatan menyatakan warga binaan tersebut sehat, maka dilanjutkan ke proses vaksinasi.
 

Pada vaksinasi dosis pertama ini, para warga binaan Rutan Kelas I Salemba Jakarta Pusat di suntik vaksin Sinovac. Usai di suntik vaksin, mereka seperti biasa didata untuk mendapatkan sertifikat vaksin.

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta, Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan, sejak tanggal 22 Juli 2021 Kanwil DKI beserta bersama Pemda DKI Jakarta, Biddokkes, Kesdam bekerjasama untuk memberikan vaksin kepada warga binaan.

Dikatakan Sorta, jika untuk wilayah di DKI Jakarta kurang lebih ada 17 ribu warga binaan baik itu Rutan dan Lapas yang ada di DKI Jakarta. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT