ADVERTISEMENT

Puluhan Ton Sampah Menumpuk di Kali Busa Karangsatria Berhasil dikeruk Tim Biawak

Senin, 2 Agustus 2021 23:10 WIB

Share
Sampah di Kali busa, di Desa Karang Satria, Kabupaten Bekasi, diangkat Tim Biawak. (ist)
Sampah di Kali busa, di Desa Karang Satria, Kabupaten Bekasi, diangkat Tim Biawak. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BEKASI, POSKOTA.CO.ID -- Sepanjang 300 meter aliran air kali tersumbat oleh tumpukan sampah dan batang pohon yang ikut terbawa arus yang melintang di Kali Busa, Desa Karangsatria, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Didominasi oleh sampah rumah tangga, tumpukan sampah tersebut diduga, sengaja dibuang oleh masyarakat yang berada di bantaran kali dan terbawa arus oleh arus kali.

Mengetahui hal itu, Kepala UPTD wilayah 2 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Sumardi, menjelaskan. Sebanyak 30 personil Tim Biawak dari pihaknya diterjunkan untuk membersihkan serta mengangkut puluhan ton sampah tersebut.

“Kami turunkan 30 personil tim Biawak, membersihkan sampah yang ada sebagai antisipasi masuknya musim penghujan. Karna ini wilayah yang kerap banjir” Ucap Sumardi saat meninjau lokasi tumpukan sampah di kali busa, Senin (2/7/2021).

Tak hanya sampah rumah tangga, terdapat pula sampah plastik dan ranting pohon menumpuk dikali busa. Menurutnya, minimnya kesadaran masyarakat di sekitar bantaran kali membuang sampah pada tempatnya, yang membuat kali bisa tersumbat.

“Jenis sampahnya ada plastik, batang pohon, juga ada pohon pisang. Ini karna kesadaran masyarakat kita serta mainset untuk itu masih kurang” lanjut Sumardi

10 ton sampah yang menumpuk di kali busa  tersebut, berhasil dibersihkan dan diangkut petugas menggunakan mobil untuk dibawa ketempat pembuangan sampah.

Sumardi menuturkan, meski sudah ada Perda yang mengatur terkait pembuangan sampah tersebut, tetapi warga masih belum mentaati aturan sehingga masih banyak yang membuang sampah sembarangan.

“Kita sudah pasang spanduk himbauan, yang mencamtumkan aturan Perdanya agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke aliran kali” tutup Sumardi. (*)

Kontributor/Ihsan Fahmi)
Foto : Bantara kali busa, di Desa Karang Satria, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT