ADVERTISEMENT

605 Ulama Wafat karena Covid-19, Wapres Ma'ruf Amin Luncurkan Vaksinasi 'Kita Jaga Kiai'

Senin, 2 Agustus 2021 12:26 WIB

Share
Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin. (foto: ist)
Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meluncurkan vaksinasi "Kita Jaga Kiai" di Jakarta, Senin (2/8/2021).

Wapres menandaskan beberapa bulan terakhir ini, banyak kiai, ulama, pengasuh pesantren, cendekiawan, ilmuwan Indonesia yang meninggal dunia karena Covid-19.

"Per tanggal 7 Juli 2021, berdasarkan data Kementerian Agama sudah ada 605 orang kiai dan ulama serta pengasuh pesantren yang dipanggil untuk kembali menghadap Allah," terang Wapres dalam keterangannya secara virtual dari kediaman resminya di Jakarta.

Selain itu, lanjut Wapres, cukup banyak santri terpapar virus corona atau Covid-19 di lingkungan pesantren selama pandemi menerpa Indonesia.

KH Ma'ruf Amin  menyampaikan,  hadis Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani,  bahwa: “Meninggalnya para kiai, ulama adalah musibah yang tak tergantikan, dan sebuah kebocoran yang tidak bisa ditambal. Wafatnya para kiai dan ulama laksana bintang yang padam. Meninggalnya satu suku lebih ringan daripada meninggalnya seorang ulama”.

Wapres menjelaskan para kiai dan ulama sebagai pewaris para Nabi yang telah mentransformasikan ilmu dan peradaban, menjaga, mendidik dan melakukan berbagai perbaikan di segala bidang aqidatan, fikratan, ibadatan, muámalatan, wa akhlaqiyatan, termasuk mengawal para santri demi berkembangnya khazanah keilmuan di lingkungan pesantren serta masyarakat di sekitarnya.

"Para kiai dan para ulama juga telah mengajarkan sikap patriotik, cinta tanah air (hubbul wathan) dan bela negara kepada setiap warga bangsa Indonesia," kata Wapres.

Wapres menambahkan jasa dan peran besar para kiai, para ulama dan pondok pesantren terhadap perjuangan kemerdekaan dan proses pembangunan bangsa Indonesia sangat besar dan tidak bisa dihargai dengan sekadar materi.

"Saya mengapresiasi inisiatif Baznas dan Kementerian Agama yang mendesain program 'Kita Jaga Kiai'. Ini salah satu bentuk penghargaan negara atau pemerintah dalam menjaga dan memelihara kesehatan para kiai dan pengasuh pesantren yang telah berjasa bagi masyarakat, bangsa dan negara," imbuh Wapres.

Wapres juga menyampaikan bahwa pemberlakuan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 adalah kebijakan pemerintah untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19, karena pemerintah lebih mengutamakan keselamatan masyarakat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT