ADVERTISEMENT

Kena Banjir Lagi, Warga Kebon Pala Minta Anies Jangan Gengsi Lanjutkan Normalisasi

Minggu, 1 Agustus 2021 19:17 WIB

Share
Banjir yang kembali menerjang permukiman warga di Kebon Pala. (foto: poskota.co.id/mochamad ifand)
Banjir yang kembali menerjang permukiman warga di Kebon Pala. (foto: poskota.co.id/mochamad ifand)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JATINEGARA, POSKOTA.CO.ID - Kerap diterjang banjir, warga di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, mempertanyakan kelanjutan nasib normalisasi kali Ciliwung. Mereka pun meminta Gubernur DKI Anies Baswedan untuk segera menyelesaikan masalah tahunan ini agar banjir tak lagi menerjang permukiman mereka.

Seno (51), warga RW 05 Kebon Pala mengatakan, hingga kini banjir luapan Kali Ciliwung masih jadi masalah yang belum terselesaikan. Pasalnya, bila setiap di Bogor hujan pastinya air kali Ciliwung meluap dan menggenangi rumahnya.

"Banjir sudah langganan, walau di Jakarta nggak hujan, tapi bila di Bogor hujan, pasti air naik. Capek juga kan bersih-bersih rumah, walaupun sudah dari dulu kebanjiran," katanya, Minggu (1/8/2021).

Seno menuturkan, ia dan warga lainnya berharap program normalisasi bisa segera dilanjutkan di permukimannya. Harapannya, ketika hujan turun, banjir tak parah seperti yang saat ini dialami warga Kampung Pulo.

"Maunya ya normalisasi Kali Ciliwung dilanjutkan agar menghilangkan banjir, enggak usah gengsi, biar nggak seperti ini terus, di Bogor baru hujan sebentar, pasti rumah kami kedatangan air. Kalau seperti ini terus bersihin lumpurnya yang menguras tenaga," ujarnya.

Menurutnya, sejak tahun 2018 lalu, normalisasi kali Ciliwung terhenti dan hingga kini tak ada kelanjutannya lagi. Padahal, dengan normalisasi yang dilakukan, membuat banjir bisa sedikit berkurang atau mungkin hilang.

"Ya harapannya seperti di Kampung Pulo lah, walaupun musim banjir, paling yang kena sedikit saja. Dan bahkan ada yang sudah hilang sama sekali," ungkapnya. 

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang terjadi di Bogor pada Sabtu (1/7/2021) malam, membuat aliaran kali Ciliwung kembali meluap. Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, pun kembali terendam banjir setinggi 70 sentimeter.

Ilham (25), warga setempat mengatakan, banjir mulai merendam permukiman warga RW 04 dan RW 05 sekitar pukul 03.00 WIB. Dan air pun hingga petang tadi masih menenggelamkan ratusan rumah yang dilintasi kali Ciliwung.

"Naiknya bertahap, sekarang ketinggiannya air sekitar 70 sentimeter. Kalau sekarang belum ada warga mengungsi," katanya. (ifand)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT