Penyaluran BSNT di Jakarta Mulai Dilakukan, Anies Sebut Kualitas Beras Premium

Kamis, 29 Juli 2021 13:49 WIB

Share
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat secara simbolik melepas penyaluran beras bansos untuk warga terdampak pandemi. (foto: istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat secara simbolik melepas penyaluran beras bansos untuk warga terdampak pandemi. (foto: istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemprov DKI Jakarta mulai mendistribusikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) berupa beras untuk warga Ibukota yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyaluran BSNT dilakukan secara simbolik oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan melepas puluhan truk yang nantinya akan mendistribusikannya ke wilayah Kelurahan Cakung Barat dan Cakung Timur.

Dikatakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, bahwa beras yang disalurkan memiliki kualitas premium karena berasal dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Indramayu, Karawang, Lampung, Ngawi, Sumedang dan Garut.

Hal ini merupakan bentuk dari kerja sama antar daerah yang sudah lama dirintis oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station Tjipinang Jaya.

"Ini melanjutkan apa yang sudah kita rintis selama ini, bahwa sentra penghasil beras kita ajak kerja sama dan menyerap produksinya untuk dimanfaatkan di Jakarta," paparnya.

Tidak hanya itu, sambungnya, bentuk kerjasama tersebut di satu sisi membantu keluarga yang terdampak di Ibukota, dan di sisi lain kerjasama dengan berbagai daerah dapat membantu menggerakkan perekonomian petani daerah.

“Kami menggarisbawahi juga, bahwa beras yang dibagikan ini diproduksi Food Station Tjipinang Jaya dan beras yang dibagikan adalah beras dengan kualitas baik,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI melalui Dinas Sosial, akan mendistribusikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) dalam bentuk beras kepada 1.007.379 kepala keluarga (KK) yang terdampak pandemi Covid-19.  

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari menyampaikan pembagian beras akan  dilakukan pada 29 Juli - 17 Agustus 2021. Penyalurannya pun dilakukan oleh Perumda Pasar Jaya dan PT Food Station Tjipinang Jaya dengan melibatkan  perangkat RT dan RW.

"Kami sudah mempunyai data by name by address KPM (keluarga penerima manfaat) untuk disalurkan pada titik lokasi RW," terang Premi, Rabu (28/7/2021). (deny)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar