Pemerintah Arab Saudi Sebut Ibadah Haji Tahun Ini Sukses, Tak Ada Satupun Jemaah Terpapar Covid-19

Jumat, 23 Juli 2021 14:50 WIB

Share
Kegiatan ibadah Haji di Masjidil Haram. (ist)
Kegiatan ibadah Haji di Masjidil Haram. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Seluruh jemaah haji telah meninggalkan Kota Suci Mekkah pada Kamis siang (22/7/2021),  atau Kamis sore waktu Indonesia setelah mereka melaksanakan ibadah tawaf wada (tawaf perpisahan dengan Ka'bah).

Itu menandakan telah berakhirnya pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang digelar secara terbatas dengan jumlah kuota 60 ribu jemaah. Mereka berasal dari para ekspatriat dan warga Arab Saudi.

Konsul Haji Jeddah Endang Jumali yang merupakan salah satu peserta haji tahun ini mengungkapkan, Pemerintah Arab Saudi telah menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga keselamatan jemaah haji dari tertular Covid-19.

"Selain itu, Pemerintah Saudi memberikan pelayanan yang baik bagi jemaah haji, misalnya, dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan jemaah haji,"  terang Endang yang dihubungi di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Ia mencontohkan saat pelayanan wukuf di Padang Arafah, di mana jemaah haji disediakan tenda yang dilengkapi dengan AC dan karpet dan juga sofa.

DAPAT PUJIAN

Dilansir poskota dari Arabnews.com, Menteri Kesehatan Arab Saudi, Dr. Tawfiq Al-Rabiah mengatakan bahawa pelaksanaan ibadah tahun ini berjalan sukses.

"Pelaksanaan ibadah haji tahun ini sesuai rencana, dan tanpa ada mereka yang terjangkit Covid-19,  atau wabah penyakit lain yang dilaporkan," terang Dr Tawfiq.

Kuwait dan Bahrain pada Kamis (22/7/2021) mengucapkan selamat kepada Raja Salman atas keberhasilan haji tahun ini. Emir Kuwait Sheikh Nawaf Ahmad al-Jaber al-Sabah memuji pekerjaan yang diperlukan di Masjidil Haram dan pengembangan perkhidmatan yang bermanfaat bagi peziarah dan memfasilitasi pelaksanaan ritual haji.

Emir meminta kepada Tuhan untuk memberkati pemerintah dan rakyat Arab Saudi dengan lebih banyak kemajuan dan kemakmuran.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar