ADVERTISEMENT

Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Milik Pemkot Bekasi akan Digelar Selama Tiga Hari

Kamis, 22 Juli 2021 02:30 WIB

Share
Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Pemkot Bekasi. (Foto/Poskota.co.id/cr02)
Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Pemkot Bekasi. (Foto/Poskota.co.id/cr02)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BEKASI, POSKOTA.CO.ID - Penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Pemerintah Kota Bekasi yang bertempat di Jalan Raya Perjuangan, RT 03/02, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara, dimulai pada Rabu (21/7/2021). 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Bekasi, Wadi Rimal. 

"Kalau di RPH Kota Bekasi milik pemerintah, itu potongnya hari Rabu, Kamis, dan Jumat. Jadi tidak ada pemotongan hari ini," katanya kala dihubungi Poskota.co.id, Selasa (20/7/2021). 

Pemotongan hewan kurban di RPH Pemerintah Kota Bekasi akan dimulai pukul 08.00 WIB. "Mulai potong, jam 8 pagi," ungkapnya.

Sedangkan hari ini, pihaknya melakukan pemeriksaan antemortem kepada hewan kurban yang akan disembelih baik di RPH maupun yang berada di masjid-masjid. 

"Kita ada 8 tim, kita bagi keliling, ada yang di Jatiasih, Pondok Melati, Rawalumbu, Bekasi Barat. Kita lakukan pemeriksaan antemortem, berarti pemeriksaan (hewan kurban) sebelum dipotong, kami juga cek di masjid-masjid," ucapnya. 

Dalam pemeriksaan tersebut, akan dicek kondisi kesehatan hewan kurban sebelum nantinya dinyatakan siap untuk disembelih. 

"Jadi kami cek kesehatannya, sebelum hewan itu dipotong, kalau dicek, berarti suhu tubuhnya, kebersihannnya. Kalau misalnya hewan itu diare, ya kita kasih obat," ujarnya.

Islamic Centre Bekasi jadi salah satu lokasi pemeriksaan antemortem. Menurut Wadi, setelah dilakukan pengecekan, ternyata hewan kurban yang berada di sana siap dan layak untuk disembelih. 

"Saya posisi di Islamic Centre, ini ada pemotongan sapi di Islamic, tapi besok jadwalnya, hari Rabu. Di sini ada sapi tiga ekor, kambing enam ekor, dombanya ada empat, Alhamdulillah kami periksa sehat, jadi untuk besok dipotong, sudah layak," jelasnya. (Cr02

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT