2.564 Hewan Kurban yang Disembelih di Jakarta Utara Dipastikan Layak Dikonsumsi Masyarakat

Rabu, 21 Juli 2021 09:56 WIB

Share
Kasudin KPKP Jakarta Utara Unang Rustanto saat melakukan peninjauan penyembelihan hewan kurban. (Ist)
Kasudin KPKP Jakarta Utara Unang Rustanto saat melakukan peninjauan penyembelihan hewan kurban. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara memastikan, seluruh hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah, dalam keadaan sehat dan layak konsumsi.

Kasudin KPKP Jakarta Utara Unang Rustanto membeberkan, menurut catatannya total sebanyak 2.564 hewan kurban yang dipotong pada hari Selasa (20/7/2021) kemarin.

"Berdasar hasil pemeriksaan kemarin sebanyak 2.564 hewan kurban yang dipotong dalam keadaan layak konsumsi," kata Unang saat dihubungi, Rabu (21/7/2021).

Ribuan hewan kurban tersebut tersebar pada 166 lokasi pemotongan di enam kecamatan se-Jakarta Utara.

Secara rinci, 2.564 hewan kurban terdiri dari 1.622 ekor kambing, 827 ekor sapi, dan 115 ekor kambing.

Ditambahkan Unang, untuk jumlah total yang telah dilakukan pemeriksaan, ada sebanyak 7.029 hewan kurban di penampungan seluruh wilayah Jakarta Utara.

Hasil dari pemeriksaan tersebut didapati hasil 24 hewan kurban dalam kondisi sakit, 2 cacat, dan 16 belum cukup umur.

"Di tempat penampungan untuk hewan kurban yang sakit, diobati hewannya supaya sehat sehingga bisa di beli oleh warga yang mau kurban," jelasnya.

Sedangkan, lanjut Unang, hewan kurban yang cacat dan belum cukup umur, direkomendasikan untuk tidak dijual ke masyarakat.

"Hewan kurban yang cacat dan belum cukup umur, oleh tim Sudin KPKP di beri tanda dan striker supaya tidak di jual," jelasnya. (yono)

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar