ADVERTISEMENT

TPU Tegal Alur Segera Punya Krematorium, Bisa untuk Jenazah Pasien Covid-19

Selasa, 20 Juli 2021 10:41 WIB

Share
Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto. (foto: poskota.co.id/cr01)
Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto. (foto: poskota.co.id/cr01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat akan segera memiliki krematorium sementara yang dapat digunakan untuk mengkremasi jenazah Covid-19. Rencananya akan rampung minggu depan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

"Targetnya selesai minggu ini ya," kata Uus saat dihubungi, Senin (19/7/2021).

Uus mengatakan, Krematorium berlokasi di dalam kompleks TPU Tegal Alur, tak jauh dari kantor pengelola.

Kata dia, proses kremasi hanya membutuhkan waktu dua jam dengan mesin berkekuatan 1.000 derajat celsius yang tengah dipersiapkan. Proses kremasi nantinya juga tidak akan dikenakan biaya apapun.

"Nantinya tidak dipungut biaya. Ini pun mesin gratis diberikan oleh Pak Andreas. Beliau seorang aktivis sosial," jelas Uus.

Nantinya, lanjut Uus, akan dibangun juga sebuah posko krematorium Covid-19 di dalam kompleks TPU Tegal Alur. Petugas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Polri dan TNI akan berkoordinasi di lokasi tersebut.

Pengadaan krematorium ini juga dimaksudkan agar tak ada jenazah warga yang telantar. Pasalnya, krematorium yang dapat dipakai untuk jenazah terkait Covid-19 belakangan ini mengalami lonjakan.

"Prinsipnya pemerintah itu harus melayani seluruh masyarakat, tidak melihat latar belakang agama, suku, ras dan lain-lain. Untuk yang pengelolaan jenazah dengan dikuburkan sudah ada kuburan Covid yang dibuat dalam kondisi darurat
Ini untuk yang pengelolaan jenazahnya tidak dikubur," ucapnya.

Di samping itu, Uus juga telah menyosialisasikan pengadaan krematorium ini ke warga yang tinggal di lingkungan sekitar TPU Tegal Alur.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT