ADVERTISEMENT

Masjid Istiqlal Dijadwalkan Potong 11 Hewan Kurban Besok dengan Prokes Ketat

Selasa, 20 Juli 2021 16:13 WIB

Share
Ilustrasi hewan kurban. (foto: poskota.co.id/cr05)
Ilustrasi hewan kurban. (foto: poskota.co.id/cr05)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Masjid Istiqlal Jakarta akan menyembelih hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Istiqlal Jakarta mulai Rabu (21/7/2021) besok sekitar pukul 07:00 WIB.

Wakil Bagian Humas Masjid Istiqlal Jakarta, Amak Dalillah Sapawardi mengatakan hingga kini sudah terdapat 11 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Jumlah itu sudah termasuk sapi kurban milik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Ada sapi, kemarin baru diserahkan oleh tim Sekertariat Negara sapi (milik Presiden) jenis Limosin dengan berat 1,19 ton sedangkan sapi milik Wapres seberat 1,05 ton," kata Amak ketika dihubungi, Selasa (20/7/2021).

Meski begitu, nantinya penyembelihan hewan kurban di Istiqlal akan dilakukan secara terbatas dan sesuai protokol kesehatan. 

Sedangkan untuk hewan yang akan disembelih, hanya akan 3 sampai 5 hewan kurban jenis sapi saja yang akan dilakukan penyembelihan langsung di Masjid terbesar di Indonesia itu. 

Nantinya, sisa hewan kurban lainnya akan disalurkan secara hidup ke yayasan atau masjid-masjid yang sudah terdaftar di panitia Masjid Istiqlal Jakarta. 

"Jadi Istiqlal punya RPH dan akan dipotong di RPH di hari kedua sesuai surat edaran tapi terbatas tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Cukup sapi Presiden dan Wakil Presiden, maksimal lima (sapi) rencananya," sebutnya.

Untuk teknis pendistribusian daging kurban, lanjut Amak, nantinya apabila biasanya diantarkan langsung ke masjid masjid di masyarakat untuk tahun ini akan lebih diperketat.

Terlebih pada masa PPKM Darurat ini, panitia Masjid Istiqlal sebisa mungkin meminimalisir mobilitas dalam pendistribusian daging kurban. Hanya akan dibagikan di beberapa masjid dan yayasan yatim piatu.

"Sampai saat ini sudah 25 sampai 30 masjid dan yayasan. Nantinya sebagian akan di potong di RPH Istiqlal dan dagingnya diantar. Sebagian lagi disalurkan hidup (hewan kurban) ke yayasan atau masjid mitra Istiqlal untuk dipotong disana supaya meminimalisir pergerakan," sebutnya. (cr05)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT