ADVERTISEMENT

Sudin KPKP Jakbar Sosialisasi Pedagang Hewan Kurban, Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Sabtu, 17 Juli 2021 15:44 WIB

Share
Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto. (cr01).
Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto. (cr01).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Barat telah melakukan sosilisasi kepada pedagang agar tidak menjual hewan kurban yang tidak memenuhi syarat.

Selain itu, Sudin KPKP Jakbar juga telah melakukan sosialisasi kepada pengurus masjid agar melakukan pemeriksaan secara ketat hewan kurban yang tidak memenuhi syarat untuk dilakukan pemotongan.

"Anitisipasi itu kita sudah lakukan sosialisasi virtual maupun sosialisasi ke pengurus masjid, jika menerima hewan kurban kan harus di cek dulu itu, mereka kita sudag bekali pengetahuan soal itu," ujar Kasudin KPKP Jakbar, Iwan Indriyanto saat dikonfirmasi, Jumat (16/7/2021).

Adapun, Iwan membagikan tips kepada masyarakat bagaimana cara memilih hewan kurban yang baik dan layak untuk dijadikan kurban saat Idul Adha 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

Pertama, secara fisik hewan kurban baik kambing ataupun sapi pastinya tidak boleh cacat secara fisik. Mislanya kaki pincang atau buntung.

Selain itu, Iwan menuturkan hewan kurban yang layak disembelih memilki dua buah zakar dan tentunya fisik yang sehat.

"Satu lagi ya itu dari gigi, termasuk sapi, kambing, domba harus dilihat gigi susunya udah tanggal atau belum," jelasnya.

Sebelumnya, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat mendata sebanyak 13.249 ekor hewan kurban di Jakarta Barat hingga Jumat (16/7/2021).

Ribuan ekor hewan itu ditempatkan di 222 tempat penampungan hewan kurban di wilayah Jakarta Barat.

"Sampai 16 Juli 2021 terdata sebanyak 13.249 hewan di 222 lokasi penampungan yang tersebar di delapan kecamatan wilayah Jakarta Barat," ujar Kasudin KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto, Jumat (16/7/2021).

Iwan merinci, ribuan hewan kurban tersebut terdiri dari sapi sebanyak 4.647 ekor, kerbau 196 ekor, kambing 6.971 dan domba 1.435 ekor. (cr01).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT