Ibadah Haji Tahun Ini Hanya Diikuti Puluhan Ribu Jemaah dari Arab Saudi dan Dari Luar yang yang Sudah Divaksin

Sabtu, 17 Juli 2021 17:10 WIB

Share
Jemaah haji mengelilingi Ka'bah di kompleks Masjidil Haram di kota suci Mekah (File: Kementerian Haji dan Umrah Saudi via AFP/Aljazeera)
Jemaah haji mengelilingi Ka'bah di kompleks Masjidil Haram di kota suci Mekah (File: Kementerian Haji dan Umrah Saudi via AFP/Aljazeera)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Rangkaian ibadah haji dimulai. Ibadah haji tahun ini hanya diikuti puluhan ribu jemaah darai Arab Saudi dan dari luar yang sudah divaksin. 

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan kewajiban sekali seumur hidup bagi semua umat Islam yang mampu untuk melakukan.

Pada tahun-tahun sebelum pandemi, sekitar 2,5 juta jamaah dari seluruh dunia berbondong-bondong ke tanah suci bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah haji.

Tetapi karena pembatasan terkait virus corona pada ibadah dengan massa besar ini, tidak ada jemaah asing yang diizinkan untuk melakukan haji lagi tahun ini.

Baca Juga:

Sudah Negatif Covid-19, Indy Barends Ucap Terima Kasih Bisa Istrirahat Karena Isoman

Hanya 60.000 warga Saudi yang divaksinasi dan penduduk berusia antara 18 dan 65 tahun yang diizinkan mendaftar untuk ziarah tahunan. Tahun sebelumnya, hingga 10.000 warga dan penduduk Saudi diizinkan untuk melakukan haji.

“Saya merasa sangat beruntung dan benar-benar diberkati berada di antara sedikit orang yang akan menunaikan haji tahun ini,” kata Amina kepada Al Jazeera.

Warga Saudi berusia 50 tahun itu mengatakan dia pergi haji dengan sekelompok wanita lain, setelah Arab Saudi mengizinkan wanita untuk mendaftar haji tanpa wali laki-laki untuk pertama kalinya.

Baca Juga:

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar