ADVERTISEMENT

KRI Makassar 590 BKO Kolinlamil Tarik Pasukan Raider 515 UTY dari Papua

Rabu, 14 Juli 2021 20:53 WIB

Share
Pasukan Raiders 515 UTY ditarik dari Papua. (foto: Dispen Kolinlamil)
Pasukan Raiders 515 UTY ditarik dari Papua. (foto: Dispen Kolinlamil)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - KRI Makassar 590 yang berada di bawah kendali operasi (BKO) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) bersiap mengantar Satuan Tugas TNI AD yang selesai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan (pamtas) RI-Papua selama sembilan bulan.

Komandan KRI Makassar 590 Letkol Laut (P) Shodikin menuturkan, batalion Satgas TNI AD yang ditarik dari Papua menggunakan KRI Makassar 590 adalah Yonif 515 Ugra Tapa Yudha.

"Kapal perang TNI AL jenis landing platform dock ini telah melaksanakan embarkasi prajurit Yonif Raider 515 Ugra Tapa Yudha berikut material dan perlengkapan seperti senjata perorangan, kendaraan truk dan kendaraan taktis di Dermaga Freeport Timika,” tutur Letkol Laut (P) Shodikin seperti dikutip poskota, Rabu (14/7/2021).

Komandan KRI Makassar 590 juga menjelaskan, Kapal perang dan pengawaknya siap mendukung pergeseran pasukan dan material Satgas Pamtas RI – Papua yang purna tugas.

Seperti dikutip poskota, mereka yang dipulangkan telah melalui protokol kesehatan yang dilakukan oleh satuan kesehatan Timika, mulai pengukuran suhu tubuh, swab, berbaris menjaga jarak, memakai masker dan penyemprotan disinfektan.

“Seluruh prajurit KRI maupun Satgas Pamtas telah melalui swab dan aman. Seluruh pasukan yang on board di kapal perangnya dipastikan telah melalui prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Menurut Letkol Laut (P) Shodikin, sesuai instruksi Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah agar dalam operasi dukungan angkutan laut, seluruh unsur-unsur KRI Kolinlamil maupun BKO Kolinlamil disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, mulai dari proses embarkasi, saat lintas laut hingga debarkasi pasukan.

“Terus laksanakan dengan disiplin, protokol kesehatan selama melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer. Jaga kesehatan dan keamanan. KRI Makassar 590 akan lintas laut dan singgah di Ambon dan langsung menuju Surabaya,” pungkasnya.

Satgas Yonif Raider 515 Ugra Tapa Yudha diberangkatkan menuju home base satuan oleh Panglima Komando Operasi Gabungan Pinang Sirih - 3  yang juga Asisten Operasi Kepala Staf Kostrad Brigjen TNI Susilo. (Dispen Kolinlamil)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT