ADVERTISEMENT

6 Langkah Mudah Atasi Mur dan Baut Roda Mobil Berkarat

Rabu, 14 Juli 2021 17:56 WIB

Share
Tips atasi mur dan baut roda mobil macet saat dibuka. (Foto/auto2000)
Tips atasi mur dan baut roda mobil macet saat dibuka. (Foto/auto2000)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID – Waktu luang di saat Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tentu bisa dimanfaatkan untuk memeriksa mur dan baut roda karena tidak jarang keduanya macet saat ingin mengganti ban.

Seperti diketahui, ada 2 komponen yang digunakan untuk memasang pelek mobil Toyota, yakni mur dan baut.

Mur dipakai untuk mengikat pelek dengan cara diputar dan baut dipakai sebagai dudukan pelek mobil pada as roda.

Jumlah mur dan baut pada 1 roda berkisar antara 4 serta 5 buah, tergantung jenis mobilnya.

“Perawatan mur dan baut roda harus dilakukan secara berkala untuk mencegah terjadinya masalah seperti macet bahkan tidak bisa dibuka saat ingin mengganti ban,” ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Penyebab pertama mur dan baut roda sulit dilepaskan adalah timbulnya karat pada ulir atau drat mur dan baut roda karena proses oksidasi pada sela-sela drat tersebut.

Kedua karena drat mur atau baut roda menjadi aus akibat sering dipaksa ketika dilepaskan lantaran terlalu kuat waktu mengencangkan mur.

Sebab lainnya adalah penggantian mur roda yang ukurannya tidak sama dengan standar.

Umumnya karena mengganti mur atau pelek dengan produk aftermarket sedangkan ukuran ulirnya tidak pas atau berbeda standard ukuran.

Berikut cara mengatasi mur dan baut roda yang macet ketika dibuka:

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT