ADVERTISEMENT

Dokter Asal Amerika Ini Berikan 5 Tips Menggunakan Kamar Mandi yang Sama dengan Penderita Covid-19, Simpel dan Praktis Kok

Selasa, 13 Juli 2021 16:11 WIB

Share
5 Tips Menggunakan Kamar Mandi yang Sama dengan Penderita Covid-19 (Foto: Istimewa)
5 Tips Menggunakan Kamar Mandi yang Sama dengan Penderita Covid-19 (Foto: Istimewa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Biasanya seseorang yang telah dinyatakan positif terpapar Covid-19 tetapi hanya mengalami gejala ringan akan diperbolehkan untuk mengisolasi dirinya di rumah saja daripada di rumah sakit.

Namun bagaimana jika di rumah itu hanya ada satu orang saja yang terpapar Covdi-19, sedangkan ada beberapa orang lain yang memilih untuk menetap di rumah tetapi mereka harus berbagi di satu kamar mandi yang sama?

Melansir laporan yang diberikan oleh dokter asal Amerika Serikat, dr Faheem Younus mengatakan bahwa ada lima tips menggunakan satu kamar mandi yang sama dengan pasien Covid-19. 5 tips itu yakni:

  • Pakai masker saat menggunakan kamar mandi (kecuali mandi, bisa dilepas terlebih dahulu)
  • Memperluas ventilasi udara
  • Gunakan handuk yang berbeda
  • Buka jendela atau pintu kamar mandi setelah menggunakannya
  • Bersihkan permukaan-permukaan di kamar mandi dan juga sering mencuci tangan

Sebagai tambahan, ada juga seorang dokter dan juga ahli epidemologi yakni dr Eric Feigl-Ding yang mengatakan setelah menggunakan WC duduk, pertama yang harus dilakukan adalah menutup terlebih dahdulu sebelum disiram.

Jika tidak begitu, dikhawatirkan partikel virus yg ada di lubang dan saluran WC bisa menyebar (aerosolized) ketika disiram.

Namun menurut pemaparan ahli penyakit menular dari Yale Meidcine, Jaimie Meyer mengatakan bahwa penyebaran virus Covid-19 antar keluarga memang sudah sering terjadi dan merupakan salah satu penyebab penyebaran yang lebih luas lagi di masyarakat.

Biasanya, virus SARS-CoV-2 mudah menyebar dari orang ke orang lewat droplets saat seseorang batuk atau bersin.

Perlu diketahui juga bahwa virus Covid-19 juga dapat bertahan hidup di berbagai permukaan untuk periode waktu tertentu dan memudahkan penyebaran dari satu orang ke orang lain.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT