ADVERTISEMENT

Keren! Kemenkes RI Buatkan Website Khusus untuk Cek Stok Obat Covid-19 di Apotek Seluruh Indonesia, Cek Linknya di Sini

Senin, 12 Juli 2021 11:42 WIB

Share
! Kemenkes RI Buatkan Website Khusus untuk Cek Stok Obat Covid-19 di Apotek (Foto: FarmaPlus/Kemkes.go.id)
! Kemenkes RI Buatkan Website Khusus untuk Cek Stok Obat Covid-19 di Apotek (Foto: FarmaPlus/Kemkes.go.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi membuat sebuah website dan juga aplikasi bernama Farma Plus yang bertujuan mempermudah masyarakat dalam melakukan pengecekan obat-obatan khusus Covid-19 di Apotek.

Website tersebut digunakan untuk mengumpulkan seluruh informasi tentang ketersediaan obat-obatan Covid-19 yang ada di apotek seluruh Indonesia. Link dari website tersebut bisa kalian lihat dan klik diakhir artikel ini.

“Farmaplus ini bisa diakses dengan mudah. Kita bisa ketahui di apotek mana obat yang sedang kita cari berada,” ujar Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan drg. Arianti Anaya pada Sabtu (10/7/2021).

Lebih lanjut drg. Arianti menjelaskan kalau website ini akan terus dikembangkan sampai keseluruh penjuru apotek yang tersebar di Indonesia.

Selain itu pemerintah juga telah berupaya mengembangkan seluruh industri farmasi baik swasta maupun BUMN untuk terus meningkatkan serta memajukan kapasitas produksinya agar proses importasi obat bisa lebih cepat diselesaikan.

“Setelah itu kita mendorong dan memantau industri agar sesegera mungkin mendistribusikan obat-obat ke Faskes dan ke apotek-apotek sehingga tidak ada penimbunan obat-obatan di industri ataupun di PBF (Pedagang Besar Farmasi) agar masyarakat bisa terus mengakses obat-obatan yang diperlukan,” imbuh drg. Arianti.

Tak lupa drg. Arianti juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum membeli obat-obatan terapi Covid-19 di website tersebut, tetapi ada pengecualian untuk membeli vitamin.

“Semua obat-obatan terapi Covid-19 harus dibeli dengan menggunakan resep dokter karena obat tersebut mempunyai risiko kalau digunakan tidak sesuai resep dokter maka obat ini akan menjadi racun, bukan malah mengobati. Itu yang harus dipahami oleh para masyarakat,” kata drg. Arianti.

Nah dengan begitu kalian bisa langsung melakukan pengecekan ketersediaan obat yang ingin Anda beli melalui laman https://farmaplus.kemkes.go.id/. (cr03)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT