Wah, Gokil! Ducati Bakal Sematkan Teknologi Desmosedici MotoGP di Panigale V4 Terbaru?

Minggu, 11 Juli 2021 14:01 WIB

Share
Ducati Panigale V4. (foto/visordown)
Ducati Panigale V4. (foto/visordown)

POSKOTA.CO.ID – Ducati dikabarkan sedang mengembangkan girboks yang digunakan Desmosedici di MotoGP, bakal disematkan pada motor Panigale V4 terbaru mereka.

Seperti diketahui seamless gears atau perpindahan roda gigi yang mulus telah menjadi standar di MotoGP selama 10 tahun terakhir. Mereka bekerja seperti transmisi kopling ganda, dengan hanya satu kopling.

Di Eropa kini beredar rumor yang menginformasikan, kalau Ducati tampaknya akan mengadaptasi sistem girboks tersebut untuk motor jalanan mereka, yaitu Panigale V4.

Konstruksi yang ditampilkan kemungkinan agak berbeda dari yang digunakan di MotoGP, karena rumah transmisi mesin konvensional yang ada tentu berbeda.

Ducati ingin ini diklarifikasi dalam spesifikasi yang paten. Oleh karena itu dapat digunakan sebagai transmisi seri di Panigale V4 baru dan kemudian juga di mesin Ducati lainnya.

Keuntungan terbesar adalah, transmisi tidak memerlukan komponen elektronik atau hidrolik. Hanya kontrol mesin yang membutuhkan informasi tentang jenis girboks.

Karena ketika menurunkan gigi membutuhkan throttle untuk membebaskan poros dari beban, perpindahan berlanjut dengan quickshifter, sehingga lebih cepat dan lebih smooth.

Tapi kabar ini masih sebatas rumor dan belum ada keterangan resmi dari Ducati tentang girboks MotoGP yang akan dipakai pada Panigale V4 terbaru.

Ducati Panigale V4 sendiri sebetulnya sudah menggunakan mesin yang identik dengan motor Ducati Desmosedici di MotoGP.

Jadi jika ditambah dengan seamless girboks, tentu akan membuat motor ini menjadi salah satu motor jalanan rasa MotoGP terbaik di kelasnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar