ADVERTISEMENT

Indonesia Kedatangan 3 Juta Vaksin Moderna dari AS, Akan Disuntikkan untuk Dosis Ketiga Tenaga Kesehatan

Minggu, 11 Juli 2021 17:24 WIB

Share
Kedatangan Vaksin Moderna dari AS. (ist)
Kedatangan Vaksin Moderna dari AS. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Indonesia kedatangan tiga juta vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS). Pemerintah akan menggunakan vaksin ini sebagai vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya secara virtual di Jakarta, Minggu (11/7/2021).

Budi menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim, atas dukungan dari pemerintah dan rakyat AS yang telah membantu program vaksinasi Indonesia melalui pengiriman vaksin Moderna.

"Kedatangan tiga juta vaksin Moderna yang merupakan dukungan dari pemerintah dan rakyat Amerika Serikat ini menambah jumlah ketersediaan vaksin di Indonesia," terang Budi.

Menkes menilai suntikan vaksin dosis ketiga dengan menggunakan vaksin Moderna akan membantu melindungi tenaga kesehatan menghadapi gelombang kedua pandemi di Indonesia. 

"Vaksin Moderna sama juga seperti vaksin mRNA (messenger RNA) lainnya merupakan vaksin dengan efikasi yang tinggi yang sudah terbukti cukup ampuh digunakan di AS  untuk bisa menekan laju penularan Covid-19," katanya.

Ia menambahkan rencananya vaksin ini, selain kami untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus akan digunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia.

Budi menerangkan pada semester kedua ini sebanyak 290 juta pasokan vaksin akan tiba untuk kemudian disuntikkan pada masyarakat.

"Jadi di semester kedua ini akan ada lebih dari 290 juta dosis yang datang dan harus kita suntikkan dalam 6 bulan. Tentu laju penyuntikannya nanti akan jauh lebih cepat,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga melaporkan bahwa program vaksinasi di Indonesia saat ini berjalan cukup cepat dan telah mencapai 52 juta suntikan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT