ITALIA, POSKOTA.CO.ID - Valentino Rossi menjelaskan bagaimana aerodinamika telah membuat motor MotoGP lebih menuntut fisik dalam beberapa tahun ini.
Rossi juga menerangkan bagaimana perubahan gaya balap dipengaruhi oleh ban dan pengereman.
Enggak bisa dipungkiri, The Doctor satu-satu rider di grid MotoGP yang melewati ragam perubahan era pada motor MotoGP.
Mulai dari perubahan era mesin 2-tak ke r-tak, mesin 500cc, 990cc, 800cc hingga sekarang 1000cc.
Selain itu, Rossi juga telah merasakan keganasan ragam konfigurasi mesin; V4, 4-Inline dan V5 dari masing-masing pabrikan Honda, Yamaha dan Ducati.
Terakhir perubahan penggunaan sistem elektronik pabrikan hingga baku menjadi standar universal, ban dari Michelin ke Bridgestone dan sekarang ke Michelin lagi.
Di era sekarang ini, perubahan motor MotoGP telah berubah drastis dengan kehadiran komponen aerodinamika.
Semua telah dicoba Rossi selama 22 tahun di kelas utama.
Dalam beberapa tahun, bermula dari winglet, visual motor MotoGP langsung berubah secara masif.
Ducati menjadi pelopor dan menurut Rossi perkembangan paket aerodinamik sangat berpengaruh dengan meningkatnya performa motor.
Rossi juga menegaskan, ban dan pengereman memiliki dampak terbesar pada teknik membalap di era modern ini.