Begini Doa yang Dihantarkan Imam Besar Masjid Istiqlal saat Pemakaman Harmoko

Senin, 5 Juli 2021 17:13 WIB

Share
Suasana Pemakaman eks Menteri Penerangan era Presiden Soeharto, Harmoko, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. (foto: poskota.co.id/novriadji wibowo)
Suasana Pemakaman eks Menteri Penerangan era Presiden Soeharto, Harmoko, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. (foto: poskota.co.id/novriadji wibowo)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mantan Menteri Penerangan Harmoko dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021).

Prosesi pemakaman berlangsung sekitar pukul 11.00. Upacara pemakaman dilaksanakan secara militer dengan protokol Covid-19 dan berlangsung khidmat serta tertutup.

Upacara pemakaman pendiri Poskota sekaligus mantan Ketua DPR dan MPR ini dipimpin langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Pada kesempatan itu Johnny mengungkapkan, Harmoko merupakan sosok yang dapat memberikan teladan.

“Semoga jalan Dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri teladan bagi kita semua. Dan arwahnya, tempatnya yang semestinya di alam baka,” ucap Johnny saat menjadi Inspektur Upacara Pemakaman Harmoko.

Selain Menkominfo Johnny G. Plate, turut hadir Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar dan politikus senior Akbar Tanjung.

Nasaruddin hadir untuk memimpin doa. “Di hadapan kami seorang putra bangsa terbaik kami, almarhum telah banyak meningkatkan taraf hidup dan martabat bangsa kami, kami semua menjadi saksi bahwa almarhum bapak H. Harmoko adalah (orang) baik,” ucap KH Nasaruddin membuka doanya.

“Terimalah segenap kebaikan dan amal ibadahnya khususnya amal-amal jariah yang telah dilaksanakannya. Almarhum seorang manusia biasa tak luput dari pada kekhilafan dan kelemahan, ampunilah seluruh dosa dan kekhilafan yang pernah dilakukannya, terangi, luaskan kuburannya sebagai tempat peristirahatan terakhir,” sambungnya.

Usai pembacaan doa, keluarga dan tamu yang hadir kemudian menabur bunga di atas makam Harmoko. Isak tangis nampak tidak terbendung dari sejumlah keluarga yang hadir.

Harmoko meninggal dunia pada usianya yang ke 82 tahun, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (4/7/2021) pukul 20.22 WIB.

Halaman