ADVERTISEMENT

DPR Desak Pemerintah Sigap Tangani Kelangkaan Oksigen Medis untuk Menyelamatkan Pasien Covid-19

Minggu, 4 Juli 2021 18:41 WIB

Share
Saleh Partaonan Daulay, Ketua Fraksi PAN DPR. (ist)
Saleh Partaonan Daulay, Ketua Fraksi PAN DPR. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah didesak untuk menangani kelangkaan oksigen di seluruh rumah sakit. Oksigen saat ini adalah kebutuhan utama dalam penanganan pasien Covid-19.

Menurut Saleh Partaonan Daulay, Ketua Fraksi PAN DPR RI, segala daya dan upaya harus dilakukan agar suplay oksigen ke rumah-rumah sakit tetap terpenuhi.

"Saya mendengar, sejak kemarin, rumah-rumah sakit sudah banyak yang mengeluh soal kelangkaan oksigen ini. Tidak hanya rumah-rumah sakit swasta, tetapi juga rumah sakit pemerintah. Bahkan, rumah sakit sebesar Sardjito pun mengalami hal yang sama. Dan itu hampir merata dirasakan oleh rumah-rumah sakit di seluruh rumah sakit yang menangani Covid-19 di Indonesia," katanya, Minggu (5/7/2021).

Saleh Daulay menilai kelangkaan oksigen ini merupakan persoalan serius karena berdampak  terkendalanya perawatan pasien di rumah sakit.

"Yang lebih menyedihkan, ada banyak pasien yang meninggal akibat kebutuhan oksigen yang tidak terpenuhi," tegas Saleh Daulay.

Dalam pengadaan oksigen ini, pemerintah didesak untuk memprioritaskan kebutuhan medis. Kalaupun dunia industri membutuhkan, namun dalam situasi darurat ini kebutuhan medis tidak bisa ditawar-tawar. Pemerintah harus segera berkoordinasi dan mengintervensi ke produsen-produsen oksigen yang ada.

Menurut dia, kalau ada dua pilihan, industri atau medis maka yang harus diutamakan adalah kebutuhan medis, karena ini masalah keselamatan pasien.

"Sebagai pemegang tongkat komando PPKM darurat, saya meminta agar pak Luhut juga memperhatikan masalah ini. Kementerian kesehatan tidak akan bisa bekerja sendiri. Mereka butuh kerjasama dengan kementerian lain. Itu yang perlu dikoordinasikan oleh Pak Luhut," ungkapnya.

Ketua DPP PAN ini juga berharap, dalam 1 hari ke depan, kelangkaan oksigen dapat diatasi. Masyarakat benar-benar mengharapkan campur tangan pemerintah. Hanya dengan itu, persoalan ini dapat segera diselesaikan. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT