Wuih…Penjualan Brand Lokal Maspion Justru Untung 3 Kali Lipat di Tengah Pandemi, Ternyata Ini Strategi Jitunya

Senin 28 Jun 2021, 11:32 WIB
Welly Muliawan saat menunjukkan produk Maspion yang laris manis di pasaran. (foto: ist)

Welly Muliawan saat menunjukkan produk Maspion yang laris manis di pasaran. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Selama pandemi Covid-19, Maspion mencatat angka penjualannya bergerak positif hingga menyentuh nilai fantastis. Keuntungan itu didapat dari strategi jitu brand dari kebutuhan alat rumah tangga yang mulai merambah ke ranah digitalisasi melalui platform e-commerce.

CFO Maspion Group, Welly Muliawan meyebutkan berkat adanya e-commerce, tercatat penjualan Maspion naik tiga kali lipat di tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya 2019.

"Dengan adaya pandemi lebih cepat lagi. Rasanya bergeser. pandemi ini kita didorong marketplace, penjualan maspion masih oke. Penjualan melalui Shopee 2/3 percepatan online kita, 2020 naik 3 kali lipat dari 2019," ujar CFO Maspion Group Welly Muliawan dalam Wawancara Penjual Lokal Shopee, belum lama ini.

Welly menuturkan semula penjualan Maspion seluruhnya dilakukan secara offline dan distributor. Namun di tahun 2019, pihaknya berani mengambil strategi jitu dengan memutuskan untuk masuk dalam penjualan digital, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan banyak lainnya.

Maspion terus berinovasi serta mengikuti berbagai program dan promosi yang dihadirkan oleh marketplace di Indonesia. Ternyata strategi jitu tersebut berhasil membuat pendapatan Maspion naik hingga 3 kali lipat.

"Diskusi dengan pakar, kalau kita lihat ada digitalisasi. Perkembangan environmental pengaruh. Pandemi ini juga jadi salah satu yang kita sebut VUCA, volatility, uncertainty, complexity and ambiguity. Hal-hal seperti ini mungkin akan sering terjadi. Mau enggak mau kita harus menghadapi new normal," bebernya.

Welly menilai pandemi Covid-19 ini justru menjadi berkah tersendiri bagi Maspion. Lantaran banyaknya aktifitas di rumah, masyarakat memiliki kecenderungan berbelanja online.

Hal ini membuktikan bahwa pandemi memicu percepatan digitalisasi di semua bidang bisnis. Tak ayal, bisnis kebutuhan alat rumah tangga juga turut kecipratan untung besar.

"Penjualan panci juga tidak turun karena banyak masyarakat yang tinggal di rumah sehingga kebutuhan akan alat rumah tangga meningkat," terangnya.

"Perkembangan bisnis Maspion semakin meningkat. Pencapaian brand Maspion menjadi sebuah pembuktian bahwa produk lokal Indonesia kini telah siap bersaing di pasar,” imbuh Welly.

Welly mengungkapkan, dari sekian kerjasama dengan e-commerce, Shopee menjadi salah satu marketplace terbesarnya yang mampu menggaet target pasar luas.

News Update