AUSTRIA, POSKOTA.CO.ID - Menjelang dua balapan di MotoGP Austria, Red Bull Ring, Brembo akan memperketat penggunaan sistem pengereman khusus di sirkuit tersebut.
Hal tersebut imbas dari insiden yang dialami Maverick Vinales musim lalu, yang kabarnya bermasalah dengan pengereman.
Vinales menjatuhkan diri dari motor setelah melaju di atas 350 km/jam ketika memasuki tikungan, dan mengakibatkan balapan dihentikan atau red flag.
Saat itu Vinales dan Yamaha mengaku kalau dia tak bisa mengerem alias kegagalan pengereman untuk mengurangi kecepatan motor.
Namun, Brembo sejatinya sudah memberi semua tim alokasi cakram di Red Bull Ring khusus, yakni menggunakan cakram berukuran 340 mm.
Tapi ternyata, Vinales menggunakan cakram dengan diameter lebih kecil, yakni 320 mm, dari cakram yang dianjurkan oleh Brembo.
Bahkan cakram yang digunakan bukan cakram baru, melainkan cakram bekas yang sudah aus.
Di waktu yang sama, Joan Mir yang memimpin balapa sebelum red flag, juga menggunakan cakram yang sama dengan Vinales dan tak mengalami masalah.
Ke depannya, sebagai pemasok sistem pengereman resmi di MotoGP, Brembo akan memberlakukan khusus di Red Bull Ring semua tim wajib menggunakan cakram 340 mm.
Saat tes di Catalunya, Barcelona lalu, Brembo telah mengembangkan cakram rem MotoGP yang lebih besar.
Hal tersebut karena Red Bull Ring sangat menuntut pengereman.